20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |   08:00 . Pesan PJ Bupati : Selamat Lebaran, Maknai Idul Fitri dengan Kesucian Hati   |   05:00 . Sambutan Pj. Bupati Bojonegoro Pada Salat Idul Fitri 1445 H   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jalankan Ekonomi Kreatif Lewat Garnis dan Fruit Carving

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 December 2018 16:00

Jalankan Ekonomi Kreatif Lewat Garnis dan Fruit Carving

Kontributor : Apriani

blokBojonegoro.com - Dalam dunia kuliner atau masak memasak, menjadikan hidangan menarik dan indah, merupakan hal yang penting, seperti pembuatan hiasan pada makanan dan minuman (garnis). Selain mempercantik tampilan hidangan, pembuatan garnis juga dapat menambah selera makan bahkan meningkatkan nilai jual.

Kabag Humas dan Protokol, Heru Sugiharto menuturkan pembuatan garnis pada makanan atau minuman termasuk dalam ekonomi kreatif. Dimana dalam bisnis kuliner, penambahan garnis pada makanan dapat menaikan nilai jual sehingga mampu menambah penghasilan.

"Selain itu hal ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan lewat seni garnis," tutur Heru, Rabu (19/12/2018).

Eny Kojiro perempuan asal Bojonegoro yang menekuni seni garnis  mengadakan pelatihan pembuatan garnis dari buah dan sayur di salah satu rumah makan yang berada di jalan Lettu Suwolo Bojonegoro. Dimana peserta yang mengikuti latihan berasal dari warga Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Perempuan dengan nama asli Eny Susilowati asal Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro ini, menekuni seni garnis sejak empat tahun lalu. Kini hari-harinya disibukkan dengan mengajar dan mengisi pelatihan-pelatihan pembuatan garnis dan fruit carving di berbagai kota. Pada weekend bulan januari sampai maret 2019 saja, jadwal pelatihan yang akan diisi sudah teragendakan.

Saat ditemui kabag Humas dan protokol secara langsung, Eny perempuan yang sudah menetap di Bali sejak tahun 1988 ini, menyampaikan sebenarnya kemarin mengisi kelas di Semarang, kebetulan di Bojonegoro ada yang minta mengisi kelas, akhirnya mampir sekalian.

"Untuk Bulan Januari sampai maret 2019, jadwal pelatihan yang weekend sudah full semua. Tapi kalau untuk weekday belum, dan di bulan januari 2019 besok ini, sudah ada jadwal di Makassar, Jakarta dan Palembang," jelas Eny. [ani/ITO]

Tag : garnis, mayangkawis, balen, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat