18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |   19:00 . Minggu 23 Juni 2024, CFD di Alun-alun Bojonegoro Diliburkan   |   17:00 . Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif   |   15:00 . Pilih Tinggalkan Kursi DPRD Bojonegoro, Mitroatin Siap Dampingi Anna Muawanah   |   13:00 . Jamaah Haji Asal Bojonegoro Meninggal Dunia Saat Towaf Ifadhoh   |   06:00 . Tradisi Mayu Cungkup Buyut Dalem, Lurah Kadipaten Serahkan Sirap   |   20:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Bappeda Bojonegoro Dicecar Kejari Soal Perencanaan Mobil Siaga   |   16:00 . Puluhan Desa di Bojonegoro Terancam Kekeringan, 1 Desa Telah Minta Bantuan Air Bersih   |   14:00 . Warga Tawing, Desa Malingmati, Akhirnya Nikmati Kurban Sapi Sejak Indonesia Merdeka   |   13:00 . Persibo vs Persebaya, Ribuan Suporter Bojonegoro Siap Away Gelora Bung Tomo   |  
Sat, 22 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Viral Pentol Sejati Bojonegoro

Asal Jargon 'Wayahe...Wayahe...' Siapa yang Memviralkan?

blokbojonegoro.com | Monday, 06 May 2019 20:00

Asal Jargon 'Wayahe...Wayahe...' Siapa yang Memviralkan?

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Banyak apresiasi yang diberikan oleh netizen dalam komentar di video berjudul VIRAL..! PENTOL WAYAHE WAYAHE SAAT PEMILU yang ada di Channel YouTube blokBojonegoroTV. Selain apresiasi, ada juga perdebatan terkait siapa yang pertama kali memviralkan jargon 'Wayahe...wayahe..."

Dalam video yang ditonton hampir 1 juta kali itu, salah satu akun, David Setyawan mengungkapkan, bahwa sebenarnya yang memviralkan 'Wayahe...wayahe...' adalah Agos Kotak.

Komentar itu, mendapat tanggapan dari netizen yang lain, CahayaHati. Menurutnya, sejak dulu kalimat 'Wayahe' yang artinya waktunya sudah ada. Sejak dulu di Jawa kata ini juga sudah ada. Salah satu penjual pentol asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Ngadino warga Desa Ngrandu Kecamatan Kedungadem telah berjualan pentol sejak tahun 2002 juga sudah memakai kata ini, akan tetapi baru akhir-akhir ini ada yang meviralkan karena unik ketika menyebutkan kata-kata itu.

"Kata siapa? Buktinya dimana2 g viral tuh. Kalimat wayahe wayahe ini udah biasa lek..... Sejak zaman dlu di jawa dah biasa. Cuma bapak ini unik ketika menyebut wayahe wayahe plus pakek tetot tetot dan sejak 2002 jualan pentol udah pakek wayahe wayahe cuma ya ga viral. Baru akhir2 ini ada yg memviralkan.," sanggahnya dalam komentar David Setyawan.

Akun WM2TWIN - WahyuMukti juga menyebutkan,kata wayahe juga dipakai saat dirinya masih sekolah, Saat jam kembali, tapi tidak datang, biasanya juga bilang Wayahe...wayahe..."Sudah umum . Kata kek gini klau orang jawa," tulisnya.

Dari penelusuran blokBojonegoro.com, jika menurut akun David Setyawan asal viral kata 'Wayahe...wayahe...' dari chanel yang dimaksud, kata itu hanya muncul dalam adegan mancing, seorang yang ceritanya jadi modin datang sambil pukul bak seperti pedagang sambil bilang '"Wayahe...wayahe...".  Video tersebut, dipublikasikan pada tanggal 19 April 2019.



Sedangkan di Chanel blokBojonegoroTV, video 'Wayahe...wayahe..." mulai dipublikasikan tanggal 23 April 2019. Meski demikian, sebenarnya sejak akhir tahun 2018, setiap pukul 15.00 WIB dan terkadang 15.30 WIB, Pentol Sejati, merek dagang yang dibuat Pak Ngadino itu melintas sambil berseru 'Wayahe...wayahe...'

Chief Executif Officer (CEO) Blok Media Group (BMG) yang membawahi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com, Muhammad A. Qohhar sudah sempat menugasi redaksi akhir 2018.

“Sekitar Desember 2018, saya bilang ke redaksi dan crew blokBojonegoroTV untuk buat profil “Pentol Wayahe”. Karena unik dan khas,” kata Mas Koko, sapaan karibnya kepada blokBojonegoro.com.

Belum sempat dibuat, jelang pemilu, pengggalan video berdurasi 21 detik dan ada yang 19 detik menyebar begitu cepat di media sosial (Medsos). Terutama aplikasi WhatsApp (WA). Dalam sekejap, wayahe... wayahe... memasyarakat.

“Saat mendengar pertama kali sudah punya firasat akan viral. Ternyata benar, tepat ketika Pemilu berlangsung,” tambahnya. [ito/lis]

Tag : wayahe, asli, bojonegoro, viral, pentol, sejati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat