22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Viral Pentol Sejati Bojonegoro

Asal Jargon 'Wayahe...Wayahe...' Siapa yang Memviralkan?

blokbojonegoro.com | Monday, 06 May 2019 20:00

Asal Jargon 'Wayahe...Wayahe...' Siapa yang Memviralkan?

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Banyak apresiasi yang diberikan oleh netizen dalam komentar di video berjudul VIRAL..! PENTOL WAYAHE WAYAHE SAAT PEMILU yang ada di Channel YouTube blokBojonegoroTV. Selain apresiasi, ada juga perdebatan terkait siapa yang pertama kali memviralkan jargon 'Wayahe...wayahe..."

Dalam video yang ditonton hampir 1 juta kali itu, salah satu akun, David Setyawan mengungkapkan, bahwa sebenarnya yang memviralkan 'Wayahe...wayahe...' adalah Agos Kotak.

Komentar itu, mendapat tanggapan dari netizen yang lain, CahayaHati. Menurutnya, sejak dulu kalimat 'Wayahe' yang artinya waktunya sudah ada. Sejak dulu di Jawa kata ini juga sudah ada. Salah satu penjual pentol asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Ngadino warga Desa Ngrandu Kecamatan Kedungadem telah berjualan pentol sejak tahun 2002 juga sudah memakai kata ini, akan tetapi baru akhir-akhir ini ada yang meviralkan karena unik ketika menyebutkan kata-kata itu.

"Kata siapa? Buktinya dimana2 g viral tuh. Kalimat wayahe wayahe ini udah biasa lek..... Sejak zaman dlu di jawa dah biasa. Cuma bapak ini unik ketika menyebut wayahe wayahe plus pakek tetot tetot dan sejak 2002 jualan pentol udah pakek wayahe wayahe cuma ya ga viral. Baru akhir2 ini ada yg memviralkan.," sanggahnya dalam komentar David Setyawan.

Akun WM2TWIN - WahyuMukti juga menyebutkan,kata wayahe juga dipakai saat dirinya masih sekolah, Saat jam kembali, tapi tidak datang, biasanya juga bilang Wayahe...wayahe..."Sudah umum . Kata kek gini klau orang jawa," tulisnya.

Dari penelusuran blokBojonegoro.com, jika menurut akun David Setyawan asal viral kata 'Wayahe...wayahe...' dari chanel yang dimaksud, kata itu hanya muncul dalam adegan mancing, seorang yang ceritanya jadi modin datang sambil pukul bak seperti pedagang sambil bilang '"Wayahe...wayahe...".  Video tersebut, dipublikasikan pada tanggal 19 April 2019.



Sedangkan di Chanel blokBojonegoroTV, video 'Wayahe...wayahe..." mulai dipublikasikan tanggal 23 April 2019. Meski demikian, sebenarnya sejak akhir tahun 2018, setiap pukul 15.00 WIB dan terkadang 15.30 WIB, Pentol Sejati, merek dagang yang dibuat Pak Ngadino itu melintas sambil berseru 'Wayahe...wayahe...'

Chief Executif Officer (CEO) Blok Media Group (BMG) yang membawahi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com, Muhammad A. Qohhar sudah sempat menugasi redaksi akhir 2018.

“Sekitar Desember 2018, saya bilang ke redaksi dan crew blokBojonegoroTV untuk buat profil “Pentol Wayahe”. Karena unik dan khas,” kata Mas Koko, sapaan karibnya kepada blokBojonegoro.com.

Belum sempat dibuat, jelang pemilu, pengggalan video berdurasi 21 detik dan ada yang 19 detik menyebar begitu cepat di media sosial (Medsos). Terutama aplikasi WhatsApp (WA). Dalam sekejap, wayahe... wayahe... memasyarakat.

“Saat mendengar pertama kali sudah punya firasat akan viral. Ternyata benar, tepat ketika Pemilu berlangsung,” tambahnya. [ito/lis]

Tag : wayahe, asli, bojonegoro, viral, pentol, sejati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat