12:00 . Mendag: Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal dan Kiblat Fesyen Muslim Dunia   |   09:00 . Jum'at Berkah Roemantis: Razia Perut Lapar   |   07:00 . Cegah Anak Kecanduan Internet, Orangtua Wajib Jalankan 5 Peran Ini di Rumah   |   22:00 . Menkop dan UKM RI Sebut Vaksinasi Cara Cepat Pulihkan Perekonomian   |   21:00 . Aktif Tanangani Covid-19, Polres Dan Kodim Terima Penghargaan di HJB   |   20:00 . PKB Bakti untuk NU   |   19:00 . HSN dan Bakti NU, PKB Gelar Baksos di Baureno   |   18:00 . Sabtu, Muhammadiyah Gelar Vaksinasi di 8 Titik   |   17:00 . Kadin Bojonegoro Goes to Campus STAI At-Tanwir dan UNU Sunan Giri   |   16:00 . Jelang HSN, Bupati Buka Musabaqoh Qiro'atil Kutub Se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Bupati Bojonegoro Launching P2DD dan Pengundian Hadiah Bagi Wajib Pajak Panutan   |   14:00 . Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi, Sally Siap Fasilitasi Pelaku Usaha   |   13:00 . Wihadi Ingatkan Pentingnya Kesehatan┬ádan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi   |   12:00 . MA Abu Darrin Gunakan Aplikasi E-Vote untuk Pemilihan Ketua OSIS   |   10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |  
Fri, 22 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang Mudik, Dishub Bojonegoro Cek Kelayakan Bus

blokbojonegoro.com | Monday, 27 May 2019 11:00

Jelang Mudik, Dishub Bojonegoro Cek Kelayakan Bus

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -  Menjelang mudik dan libur Lebaran 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro melakukan pengecek kelayakan bus di Terminal Rajekwesi Kabupaten Bojonegoro bersama Polres dan Kodim Bojonegoro, Senin (27/5/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Adi Wicaksono mengatakan pemeriksaan armada bus baik dari Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) bertujuan menjamin keselamatan para penumpang.

“Selain itu menyongsong persiapan angkutan penumpang saat arus mudik tahun ini,” terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Menurut Adi, kendaraan yang akan beroperasi pada saat libur lebaran atau digunakan mengangkut pemudik diharuskan telah lulus uji kelayakan baik teknis maupun administrasi. Pemeriksaan administrasi di antaranya kelengkapan surat-surat kendaraan, kemudian memiliki kartu uji secara berkala dan adanya buku pengawasan.

Sedang pengecekan teknis meliputi, mesin kendaraan dan fasilitas penunjang seperti sistem penerangan lampu utama, lalu pengereman dan lebar badan kendaraan. Selanjutnya, menjadi perhatian juga teknis kecepatan dengan sepedometer termasuk lampu-lampu samping.

“Kapasitas tempat duduk, lalu pintu dan jendela tanggap darurat turut dicek petugas kami tadi dan juga diberi stiker bagi yang sudah lulus pengecekan," jelasnya.

Ia menambahkan, pengecekan kelayakan kendaraan umum tidak hanya dilakukan hari ini saja, sebelumnya sudah ada dua kali pemeriksaan dari Polres Bojonegoro dan Dishub Provinsi. Dishub juga langsung menindak bagi kendaraan yang belum lulus administrasi, bahkan ada juga kendaraan yang dilarang beroprasi lantaran dalam kondisi yang lumayan parah. Jika temuan petugas harus dilakukan perbaikan, maka pihak pengelola harus melaksanakan himbaun yang ada.

“Pengecekan ini akan berlangsung selama dua hari, agar kendaraan transportasi untuk angkutan mudik benar-benar aman dan nyaman ,” ujarnya

Salah satu penumpang Bus, Ainun Nikmah menyampaikan, dengan adanya pemeriksaan dari dinas sesuai standart kelayakan diakuinya sebagai penumpang lebih tenang. Sebab, selama ini bisa dikatakan banyak bus yang kurang lengkap dan juga agak ugal-ugalan saat berkendara.

“Berharap turut menurunkan angka kecelekaan dari segi kelengkapan ataupun keamanan transportasi,” ucapnya.[din/ito]

Tag : Cek, kelayakan, bus, terminal, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat