21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Perjalanan Kereta Dikurangi, Ramai-ramai Batalkan Tiket

blokbojonegoro.com | Tuesday, 31 March 2020 10:00

Perjalanan Kereta Dikurangi, Ramai-ramai Batalkan Tiket

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Dampak kebijakan yang diambil PT Kereta Api Daop 8 Surabaya yang kembali menambah pembatalan operasional perjalanan kereta di bulan April tahun 2020 ini, guna membantu pemerintah menekan penyebaran virus corona atau covid-19.

Membuat masyarakat yang sebelumnya merencanakan perjalanan ramai-ramai membatalkan perjalanan mereka.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, dampak dari kebijakan tersebut selain penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan, pengurangan daya angkut KA penumpang ini menyebabkan jumlah pembatalan tiket semakin meningkat.

Baca juga [18 Perjalan Kereta Api Dibatalkan]

"Tercatat di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dalam  periode 1 sampai 29 Maret saja ada 45.994 tiket yang dibatalkan oleh para penumpang," kata Suprapto dalam rilis kepada blokBojonegoro.com.

Tentu jumlah penumpang KA juga otomatis turun drastis. Ini terlihat dari jumlah penumpang KA yang naik di tanggal 1 Maret berjumlah 40.148 penumpang, namun pada tanggal 29 Maret jumlah penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya menjadi 8.190 penumpang.

Suprapto menjelaskan, total ada 18 perjalanan kereta di bulan April yang dibatalkan perjalanannya yang terbagi dalam 4 tahap. Saat hari biasa total ada 41 perjalanan KA jarak jauh, 33 KA berangkat dari Daop 8 Surabaya ditambah 8 KA melintas di Daop 8 Surabaya.


"Di bulan April jumlah perjalanan hanya tinggal 23 perjalanan kereta jarak Jauh, 16 KA berangkat awal dari Daop 8 Surabaya ditambah 7 KA melintas di Daop 8 Surabaya. Sementara untuk perjalanan KA Lokal  masih tetap beroperasi sebanyak 46 perjalanan KA per harinya," terang Suprapto.

Sebelumnya pihak PT KAI Daop 8 Surabaya sudah melakukan berbagai langkah dalam pengurangan kapasitas angkut penumpang kereta, mulai dari pengurangan kapasitas dari 150% menjadi 75%. selain itu juga Pembatalan sejumlah perjalanan kereta, dan memperpendek relasi sejumlah perjalanan. [mu]

Berikut Tahap Pembatalan Perjalanan Kereta Api:

*Tahap 1: 26 Maret-30 April 2020.
A. KA Sembrani Surabaya pasar Turi-Gambir/PP.
B. KA Gumarang Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen/PP.
C. KA Songoriti Surabaya Gubeng-Malang/PP.

*Tahap 2: 1-30 April.
A. KA Sancaka Utara Surabaya Pasar Turi-Gambringan-Solo-Kutoarjo.
B. KA Mutiara timur Surabaya Gubeng-Ketapang.
C. KA logawa Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto.
D. KA Gaya Baru malam Selatan Surabaya Gubeng-Pasar Senen/PP.

*Tahap 3: 29-31 Maret 2020.
A. KA Argo Wilis Surabaya Gubeng–Bandung–Gambir/PP.
B. KA Mutiara Selatan Malang–Surabaya Gubeng–Bandung–Gambir/PP.
C. KA Turangga Surabaya Gubeng–Bandung–Gambir/PP.
D. KA Malabar Malang–Bandung–Pasar Senen/PP.
E. KA Pasundan Surabaya–Kiaracondong Bandung/PP.

*Tahap 4:
- 1 sampai 14 April 2020.
A. KA Jayakarta Surabaya Gubeng–Jakarta Kota/PP.

- 1 sampai 30 April 2020.
B. KA Dharmawangsa Ekspres Surabaya Pasar Turi–Pasar Senen Jakarta/PP.
C. KA Malioboro Ekspres Malang–Yogyakarta/PP.
D. KA Sancaka Surabaya Gubeng–Yogyakarta/PP.
E. KA Majapahit Malang–Pasar Senen Jakarta/PP.
F. KA Ambarawa Ekspres Surabaya Pasar Turi–Semarang Poncol/PP.

Tag : kereta api, ka, corona, covid 19, pembatalan kereta



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat