19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penutupan Eks Lokalisasi Kalisari Permanen

Eks Lokalisasi Kalisari Bakal Dijadikan Taman, Warga akan Direlokasi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 April 2020 20:00

Eks Lokalisasi Kalisari Bakal Dijadikan Taman, Warga akan Direlokasi

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro disaksikan Bupati Bojonegoro secara resmi telah menandatangani nota kesepakatan terhadap penutupan eks lokalisasi Kalisari secara permanen yang berada di Desa Banjarsari, Rabu (22/4/2020).

Sebelumnya, eks lokalisasari Kalisari memang telah ditutup pada tahun 1998 oleh Bupati Bojonegoro, Drs H. Atlan yang menjabat pada tahun 1998-2003. Namun, walaupun secara resmi telah ditutup beberapa aktifitas di dalamnya masih beroprasi hingga sekarang.

Bupati Bojonegoro yang didampingi oleh OPD terkait bersama Forkopimcam Trucuk yang ikut dalam acara penandatangan kesepakatan tersebut, juga sedikit memberikan arahan kepada masyarakat Kalisari khususnya.

Bagi masyarakat Kalisari yang kesulitan nantinya, seperti tidak punya beras, tidak punya pekerjaan dan ingin menguliahkan anaknya tetapi tidak mempunyai uang bisa mengadu ke Pemkab Bojonegoro.

"Kita berhaharap agar tindakan demorilisasi ini segara bisa diluruskan, sebab sebagian di wilayah ini tidak hanya sebagai tempat lokalisasi saja, tetapi ada kehidupan normal lainya, apalagi di sini juga banyak anak kecil," ujarnya.

Bupati menjelaskan, memang tahun-tahun lalu, mungkin tempat ini bisa dikatakan sebagai wilayah yang masih tertinggal, tapi sekarang wilayah Kalisari termasuk wilayah yang strategis. Oleh karena itu, Pemkab Bojonegoro berencana akan menyulap eks lokalisasi kalisari menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau taman.

Tak hanya itu, Pemkab juga bakal mencarikan solusi bagi warga yang terdampak jika rumahnya terkena penggusuran. Sebab, sebagian rumah yang ditempati oleh warga adalah tanah milik negara.

"Kami akan carikan solusinya dari semua ini dan kita juga akan menerikyan pembinaan," lanjut Bupati Bojonegoro.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarsari Fatkhul Huda mengatakan, ada sebanyak 104 rumah yang berada di tanah negara seluas 2 hektar dan tanah Pemkab Bojonegoro seluas 2000 meter persegi khususnya untuk Rt 11, 12 dan 13. Namun, yang terdampak lokasi yang akan dijadikan ruang terbuka hijau ada 8 rumah.

"Rencananya yang akan dijadikan RTH adalah tanah milik Pemkab seluas 2000 meter persegi, sedangkan selebihnya adalah tanah milik negara," imbuh Fatkhul Huda.

Jika nantinya tanah negara juga akan digunakan, Pemerintah desa akan berusaha untuk tetap mempertahankan tanah negara tersebut sebagai aset Desa. Namun kalau misalkan tidak menemui titik terang, Pemerintah Desa akan berusaha merelokasi warga Desa Banjarsari yang menempati Rt 11, 12 dan 13 ke tanah milik desa.

"Untuk solusi terakhir kita akan merelokasi ke tanah desa, tetapi sekali lagi akan berusaha untuk mempertahankan tanah negara untuk dijadikan sebagai aset desa," tungkasnya.[din/ito]

 

Tag : Lokalisasi, banjarsari, trucuk, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat