Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panen Tembakau, Harga Jual Masih Stabil

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 September 2020 19:00

Panen Tembakau, Harga Jual Masih Stabil

 

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Saat ini, petani di Bojonegoro memasuki masa panen tembakau. Bahkan dari luas lahan pertanian tembakau 11 ribu hektare hampir semuanya sudah masuk masa panen. Meski masa panen setiap wilayah di Kecamatan panen petik tembakaunya berbeda-beda.

"Saat ini semua petani tembakau diberbagai daerah sudah masuk masa panen," ucap Kabid Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Rudianto.

Menurut Rudi sapaan akrabnya, memang masa panen tembakau berbeda-beda, ada yang sudah masa petik daun 6-7 petikan dan adapula yang baru masuk panen tembakau dipetikan daun pertama. Seperti di Kecamatan Kepohbaru saat ini masuk masa panen petikan daun pertama hingga petikan ketiga, sedangkan di wilayah Kecamatan Kedungadem masa panen tembakau sudah akan berakhir karena saat ini rata sudah masuk petikan daun ke 6 hingga ke 7.

"Rata-rata yang panen lebih dulu itu masa tanam tembakaunya di bulan Juni sampai bulan Juli lalu," terang Rudi.

Disinggung terkait harga tembakau saat ini, Rudi menuturkan harga tembakau rajang dinilai cukup stabil yakni nilai jualnya antara Rp22.000 hingga Rp27.000, bahkan untuk petani kemitraan dirasa penjualan tidak mengalami kesulitan dan harganya sepadan dengan kualitasnya.

"Untuk saat ini, baru ada satu PT yang membeli tembakau ke petani yakni PT Sadana," pungkas Rudi kepada blokBojonegoro.com.[saf/lis]

Tag : Tembakau, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini