14:00 . Tanggul Penahan Kali Avour di Kanor Jebol   |   13:00 . Kemendag Lepas Ekspor Produk Unggulan Desa dari NTB Senilai Rp700 Juta   |   12:00 . Tren Turun, Bengawan Solo Masih Siaga II   |   11:00 . Selamat Jalan Mbah Yai Imam, Husnul Khotimah   |   10:00 . Reses Masa Sidang 1 Politis Fraksi Garuda DPRD Bojonegoro Dengarkan Keluhan Warga Kanor   |   09:00 . Tandatangani Pakta Integritas, Dinsos Siap Wujudkan Pelayanan Terbaik   |   08:00 . Tanggul Bengawan Solo di Kanor Ambruk   |   07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masih Pandemi, KBM Pakai Video, Seminggu Sekali Home Visit

blokbojonegoro.com | Friday, 16 October 2020 11:00

Masih Pandemi, KBM Pakai Video, Seminggu Sekali Home Visit

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Sejak pandemi covid-19 mulai merebak, semua lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag Bojonegoro melakukan pembelajaran jarak jauh secara online, baik untuk lembaga pendidikan se tingkat PAUD hingga MA, seperti yang dilakukan Raudhotul Athfal (RA) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nasyatul Ulum yang berada di Desa/Kecamatan Balen ini.

Guna mengantisipasi adanya penyebaran covid-19 agar tidak semakin meluas di Kabupaten Bojonegoro, dan juga agar belajar mengajar tetap berjalan, RA maupun MI Nasyatul Ulum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) melalui PJJ maupun home visit (datang langsung ke rumah siswa).

Kepala RA Nasyatul Ulum, Ummu Hanik mengungkapkan, untuk KBM siswa tingkat bawah pastinya guru harus benar-benar konsen dalam pemberian materi pembelajaran kepada anak didiknya, baik pembelajaran tersebut melalui aplikasi zoom ataupun mendatangi rumah siswa (home visit) secara langsung bagi siswa yang kesulitan sinyal maupun tidak punya smartphone/handphone.

"Untuk jumlah siswa RA di sini ada 62 siswa," terang wanita yang juga sebagai ketua IGRA Bojonegoro tersebut.


Saat ini sistem KBM yang dipilih melalui PJJ atau daring, dan sesekali guru juga melakukan pemantauan dengan memberikan tugas pembelajaran bagi siswa. "Dalam satu minggu 4 hari daring, 2 hari guru home visit ke rumah siswa," paparnya.

Perempuan yang biasa disapa Ummu ini menambahkan, selain home visit dan PJJ, guru juga diminta membuat video untuk mempermudah pembelajaran siswa, lantaran biasanya dengan video anak usia dini bisa lebih memahami materi yang disampaikan.

"Jadi setiap guru diharuskan membuat video pembelajaran untuk siswa," tandas Ummu kepada blokBojonegoro.com.

Terpisah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nasyatul Ulum, Moh Miftahul Huda mengungkapkan, saat pandemi covid-19 ini pembelajaran bagi siswa diutamakan PJJ, hal itu sebagai langkah antisipasi penyebaran covid 19.

"Total ada 105 siswa di MI ini, semuanya melakukan PJJ," cakapnya.

Akan tetapi, bagi siswa yang kesulitan dalam sinyal atau belum punya fasilitas handphone, pihak madrasah juga memberikan kemudahan yakni orang tua siswa datang ke madrasah untuk mengambil tugas.

"Bahkan dalam 1 minggu guru juga home visit guna mengecek hasil pembelajaran selama seminggu," ucapnya kepada blokBojonegoro.com.

Untuk pembelajaran tatap muka, MI Nasyatul Ulum belum berani menerapkan, lantaran masih menunggu perkembangan sekaligus instruksi dari Kemenag.

"Namun bila ada instruksi boleh tatap muka, kita siap menjalankan," pungkas Miftahul. [saf/mu]

 

Tag : pandemi, covid 19, corona, ingat pesan ibu, pakai masker, ubah laku, adaptasi kebiasaan baru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat