14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Ada yang Terbuang, Usaha Kelapa Sangat Menguntungkan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 November 2020 11:00

Tak Ada yang Terbuang, Usaha Kelapa Sangat Menguntungkan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Segarnya air kelapa dari yang muda sampai yang tua ternyata juga selain enak untuk dikonsumsi sehari-hari dan berkhasiat bagi tubuh ternyata bisnis kelapa juga cukup menjanjikan.

Tidak hanya yang muda, kelapa tua pun ternyata berharga dan dapat dijadikan bisnis yang menghasilkan pundi pundi rupiah.

Tidak heran jika banyak yang berpendapat bahwa bisnis kelapa merupakan bisnis yang tidak sia-sia karena tidak ada yang terbuang dan bisa dibilang semua bernilai. Karena kelapa adalah salah satu komoditi terbesar yang dimiliki indonesia.

Seperti yang dilakukan Syafi'i Warga Desa Jono Kecamatan Temayang ini. Menurutnya kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari buah, batok/kulit keras sampai limbahnya yang berupa serabut sekalipun.

"Air kelapa biasanya dikonsumsi sebagai minuman berkhasiat penambah energi ataupun untuk detoksifikasi sedangkan daging buahnya dapat dijadikan bahan konsumsi baik dimakan langsung, menjadi santan ataupun minyak yang berkhasiat bagi kesehatan," ujarnya.

Untuk penjualannya sendiri dia memasarkan kelapa-kelapa itu di pasar Temayang, bahkan banyak penjual sayur keliling yang langsung datang ke rumahnya. Kelapa tua itu diperoleh dari Palembang dan sekali beli dari sana satu truk berisi 7.000 butir kelapa.

"Untuk kendala di pengiriman kelapa, apalagi musim hujan seperti ini, sudah 2 minggu belum dikirim karena belum bisa muat. Dan stok kelapa di rumah juga tinggal sedikit," katanya kepada awak media.

Untuk harganya sendiri tergantung ukuran besar kelapanya, untuk grade A: Lingkar 40-45 cm berat 1-1.2 Kg dijual Rp8.000/butir, grade B: lingkar 35-40 cm berat 0.8-1 Kg dihargai Rp6.000/butir dan grade C: lingkar 35 cm, berat 0,6-0,8 Kg  harga Rp5.000/butir.

"Untuk batok kelapa sendiri juga sudah ada yang memesannya dengan harga Rp15.000/karung, sedangkan untuk kelapa yang sudah tidak layak nanti di jemur juga sudah ada lagi yang membeli," tutupnya. [her/mu]

Tag : buah kelapa, usaha kelapa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat