Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perajin Batik Luncurkan Motif Jembatan Sosrodilogo

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 January 2021 11:00

Perajin Batik Luncurkan Motif Jembatan Sosrodilogo

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Perajin batik asal Kota Bojonegoro kini tengah mengembangkan kreasinya. Ia menuangkan motif baru dalam produksi batik yang ia buat setiap harinya.

Motif batik yang klasik dan kreatif hasil karya tangan wanita asal Desa Guyangan, rt 05 rw 01, Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro ini tak jarang diikut serta kan dalam pameran produk UMKM. Akhir-akhir ini wanita yang sering disapa Nurul itu berkreasi untuk memunculkan motif baru yang berbeda dari batik lainnya.

Nurul mengungkapkan, ia menciptakan motif batik berupa Jembatan Sosrodilogo dengan makna rasa bersyukur telah dibangun jembatan tersebut dan ingin mengenalkan Trucuk melalui coretan canting dengan motif tersebut.

"Saya awal bikin motif tersebut karena saya sangat gembira dengan adanya jembatan penghubung daerah Trucuk ke kota. Selain itu saya juga ingin mengenal kan Trucuk ini melalui karya coretan canting tersebut," ungkap Nurul.

Nurul menambahkan motif batik tersebut ia cipta sudah sejak 2 Oktober 2020 bertepatan sebagai Hari Batik Nasional. Namun ia mengungkapkan bahwa baru akhir-akhir ini batik karyanya dikenal banyak masyarakat.

Ditambah lagi kini penjualannya semakin menyebar luar ke beberapa kota lain serta proses promosi nya melalui beberapa akun media sosial miliknya, kini telah menyebar luas.

Ia mengatakan bahwa kain yang ia jual, ia bandrol dengan harga yang berbeda. Teruntuk kain dengan motif jembatan sosrodilogo ini ia bandrol dengan harga paling murah Rp75.000 hingga Rp900.000. Semua itu tergantung tingkat kerumitan dari motif yang diinginkan para pelanggan.

"Saya hanya membuat stok beberapa potong sebagai contoh saja. Tidak menyediakan secara banyak dan langsung. Saya juga hanya membuat ketika ada orang yang memesan dan setelah itu saya segera memproses pesanan sesuai keinginan para pelanggan saya," tandasnya.

Akhir kata, Nurul mengungkapkan bahwa ia berharap kedepannya agar batik dengan motif jembatan sosrodilogo ini dikenal banyak orang dan masyarakat Bojonegoro hingga luar kota. Agar banyak orang yang mengetahui terkait makna dari batik tersebut. [uul/col]

 

Tag : Batik, jembatan, motif



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini