13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Mojodeso Manfaatkan Sumur Resapan untuk Budidaya Lele

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 January 2021 16:00

Warga Mojodeso Manfaatkan Sumur Resapan untuk Budidaya Lele

Kontributor : Uul Lyatin 

blokBojonegoro.com - Air hujan yang turun merupakan anugerah yang perlu dimanfaatkan, salah satunya dengan membuat sumur resapan. Sumur resapan merupakan salah satu rekayasa teknik konservasi air yang dibuat sedemikian rupa. 

Sumur resapan ini menyerupai bentuk sumur galian dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan, bersumber dari atap rumah atau suatu gedung tertentu. 

Pada umumnya fungsi sumur resapan adalah menjaga keseimbangan air tanah, bermanfaat untuk pengairan kebun dan mengurangi kemungkinan adanya genangan air.

"Dilihat dari banyaknya fungsinya sumur resapan, saya dan warga jadi berinisiatif untuk mengelola dan memanfaatkannya," ungkap Adib, selaku Ketua Asman Toga Kunto. 

Di Desa Mojodeso, air pada sumur resapan yang berasal dari atap posko Kunto Wijoyo yang dialirkan menuju sumur resapan oleh kelompok Asman Toga Kunto Wijoyo menggunakan pipa. Berbeda dengan sumur resapan di tempat lain nya, sumur resapan di Taman Kunto Wijoyo ini juga dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan, yakni ikan Lele.

Menggunakan kombinasi pakan alami dan buatan, Agus Suparmanto selaku anggota Asman Toga Kunto menjelaskan bahwa lele yang dipelihara di sumur resapan cenderung berwarna agak cerah atau abu-abu dan lebih gemuk daripada lele yang dijual di pasar. Dalam waktu 70 hari, lele di sumur resapan sudah bisa dipanen. 

Adib Nurdiyanto menambahkan, perbandingan jumlah lele dengan volume air harus diperhatikan, satu sumur resapan bisa diisi anakan ikan dengan jumlah 25 hingga 35 ekor ikan saja, dengan panen ikan menghasilkan 90 persen dari jumlah anakan awal. Artinya ada sekitar 10 persen yang nantinya tidak bisa bertahan hingga masa panen.

"Dengan adanya sumur resapan, maka kita tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Kita hanya cukup membuat sumur ber diameter 1 meter dan kedalaman sekitar 2 meter. Saat musim panen tiba, lele yang terkenal lincah ini akan sangat mudah diambil," imbuhnya. 

Kastam selaku anggota Asman Toga Kunto Wijoyo mengaku bahwa dengan budidaya lele di sumur resapan, membuat proses pengambilan ikan sangat mudah karena tempat nya terbatas, cukup pakai alat tangkap sederhana dan tidak perlu masuk ke sumur resapan untuk mengambil ikan nya. [uul/lis]

Tag : Resapan, lele



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat