19:00 . Cerita Dwi Kurnia, Ikuti Seleksi CPNS Saat Hamil   |   18:00 . Pengurus PPDI Bojonegoro Dilantik, Pemkab Siap Beri Pelayanan Terbaik   |   17:00 . Inilah Titik Lokasi Mandiri SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Rumah Cerdas Ceria Gelar Parenting untuk Si Buah Hati   |   15:00 . 435 Peserta Ikuti SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . Cerita Mbah Banung Sumitro dan Desa Blongsong   |   11:00 . Pelas Crispy, Kuliner Hits Kekinian   |   09:00 . Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |   16:00 . Hujan Deras, Beberapa Jalan di Kota Bojonegoro Tergenang   |  
Sun, 28 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Mojodeso Manfaatkan Sumur Resapan untuk Budidaya Lele

blokbojonegoro.com | Sunday, 10 January 2021 16:00

Warga Mojodeso Manfaatkan Sumur Resapan untuk Budidaya Lele

Kontributor : Uul Lyatin 

blokBojonegoro.com - Air hujan yang turun merupakan anugerah yang perlu dimanfaatkan, salah satunya dengan membuat sumur resapan. Sumur resapan merupakan salah satu rekayasa teknik konservasi air yang dibuat sedemikian rupa. 

Sumur resapan ini menyerupai bentuk sumur galian dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan, bersumber dari atap rumah atau suatu gedung tertentu. 

Pada umumnya fungsi sumur resapan adalah menjaga keseimbangan air tanah, bermanfaat untuk pengairan kebun dan mengurangi kemungkinan adanya genangan air.

"Dilihat dari banyaknya fungsinya sumur resapan, saya dan warga jadi berinisiatif untuk mengelola dan memanfaatkannya," ungkap Adib, selaku Ketua Asman Toga Kunto. 

Di Desa Mojodeso, air pada sumur resapan yang berasal dari atap posko Kunto Wijoyo yang dialirkan menuju sumur resapan oleh kelompok Asman Toga Kunto Wijoyo menggunakan pipa. Berbeda dengan sumur resapan di tempat lain nya, sumur resapan di Taman Kunto Wijoyo ini juga dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan, yakni ikan Lele.

Menggunakan kombinasi pakan alami dan buatan, Agus Suparmanto selaku anggota Asman Toga Kunto menjelaskan bahwa lele yang dipelihara di sumur resapan cenderung berwarna agak cerah atau abu-abu dan lebih gemuk daripada lele yang dijual di pasar. Dalam waktu 70 hari, lele di sumur resapan sudah bisa dipanen. 

Adib Nurdiyanto menambahkan, perbandingan jumlah lele dengan volume air harus diperhatikan, satu sumur resapan bisa diisi anakan ikan dengan jumlah 25 hingga 35 ekor ikan saja, dengan panen ikan menghasilkan 90 persen dari jumlah anakan awal. Artinya ada sekitar 10 persen yang nantinya tidak bisa bertahan hingga masa panen.

"Dengan adanya sumur resapan, maka kita tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Kita hanya cukup membuat sumur ber diameter 1 meter dan kedalaman sekitar 2 meter. Saat musim panen tiba, lele yang terkenal lincah ini akan sangat mudah diambil," imbuhnya. 

Kastam selaku anggota Asman Toga Kunto Wijoyo mengaku bahwa dengan budidaya lele di sumur resapan, membuat proses pengambilan ikan sangat mudah karena tempat nya terbatas, cukup pakai alat tangkap sederhana dan tidak perlu masuk ke sumur resapan untuk mengambil ikan nya. [uul/lis]

Tag : Resapan, lele



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more