18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebutuhan dan Stok Plasma Konvaselen di UDD PMI Bojonegoro Belum Seimbang

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 February 2021 13:00

Kebutuhan dan Stok Plasma Konvaselen di UDD PMI Bojonegoro Belum Seimbang

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Masih adanya kasus Covid-19 tentu membuat Pemerintah melakukan berbagai inovasi baru dalam upaya penanganan. Di antaranya berupa terobosan plasma konvalesen atau donor plasma dari para penyitas Covid-19.

Plasma konvalesen sendiri merupakan darah yang telah diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

Kabupaten Bojonegoro sendiri, terkait plasma konvalesen juga telah dilakukan sejak awal pandemi. Salah satunya melalui unit donor darah palang merah Indonesia (UDD PMI) Bojonegoro.

"Awalnya bekerjasama dengan UDD PMI Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo untuk pemeriksaan NAD," ungkap Ketua tim pelaksana donor plasma konvalesen UDD PMI Bojonegoro, dr. Imam Sutrisno.

Karena tingginya akan kebutuhan plasma konvalesen dari masyarakat, ditambah belum adanya alat untuk mendeteksi IMLTD dengan cara NAD. Maka pihak UDD PMI Bojonegoro telah mengajukan alat melalui pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

"Dari sarana prasarana hingga SDM ada, kami juga telah mengajukan alat di Pemkab dan menunggu datangnya alat karena banyaknya para peminat donor plasma," jelasnya.

Hingga pertengahan februari ini untuk jumlah pendonor plasma konvalesen di UDD PMI Bojonegoro telah mencapai 24 kantong plasma.

"Pertengahan Februari ini sudah ada 24 kantong, dan sisa 1 kantong rhesus AB dan masih banyak antrian. Hari ini kami mengirim 2 penyitas untuk dilakukan pengambilan di pusat," tutur dr. Imam.

Pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi bersama stakeholder terkait terutama para penyitas Covid. Baik dari RSUD Bojonegoro, Polres, Kodim hingga instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kemarin dari RSUD ada 30 dan sudah dilakukan seleksi yang lolos 5 orang, polres 24 lolos 9 ternyata dikirim surabaya gagal karena antibodi dan kalsium rendah," tambahnya.

Harapan kedepan tentunya kami akan terus merambah ke RSUD dan berpesan kepada humas untuk terus memotivasi para penyitas. Bahwa setelah sembuh dari Covid-19 ternyata darah mereka bisa membantu kemanusiaan, terutama pasien Covid yang sedang masa kritis. [liz/ito]

Tag : covid 19, virus corona, corona, covid 19, kasus covid 19, kasus covid indonesia, ingat pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, lawan covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat