18:00 . Berbaur dengan Warga, Pekerja Lapangan Banyu Urip Menjadi Relawan Kurban   |   11:00 . Jemaah Haji KBIHU ATTANWIR Tuntas Lontar Jumrah   |   10:00 . Cerita Jagal Kurban, Sehari Bisa 4 Tempat Hingga Sapi Pernah Kabur   |   08:00 . Idul Adha, Pengepul Kulit Hewan Kurban di Bojonegoro Kebanjiran   |   20:00 . Cuaca Ekstrim, Jemaah Lontar Jumrah Sore Hari Saja   |   17:00 . Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah   |   15:00 . Idul Adha, Jasa Bakar Kepala Sapi dan Kambing Diserbu Pelanggan   |   12:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Lawan Persebaya ???   |   11:00 . DPC PDI Perjuangan Bojonegoro Serahkan Hewan Qurban di 2 Masjid   |   10:00 . Dahului Pemerintah, Ratusan Warga Bojonegoro Ini Sudah Laksanakan Sholat Idul Adha   |   09:00 . Terapkan Peternakan dan kehutanan Sistem Agroforestri, Sulistyo Raih Juara Pertama Pemuda Pelopor Jawa Timur Bidang Pangan   |   07:00 . Ketua BPC HIPMI Bojonegoro Terpilih, Siap Perkuat Peran, Kolaborasi dan Pengembangan Ekraf Wirausaha Muda   |   20:00 . Muhammadiyah Gelar Salat Idul Adha Senin 17 Juni   |   19:00 . Hujan Deras di Bojonegoro Sebabkan Atap Rumah dan Pepohonan Roboh   |   17:00 . Lancar, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Selesai   |  
Wed, 19 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kumpulkan OKP di Bojonegoro, KNPI Inisiasi Musrenbang Kepemudaan

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 February 2021 08:00

Kumpulkan OKP di Bojonegoro, KNPI Inisiasi Musrenbang Kepemudaan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pasca Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu. Wadah organisasi kepemudaan di Bojonegoro itu menginisiasi adanya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kepemudaan, dengan mengumpulkan organisasi kepemudaan (OKP).

Kegiatan yang berlangsung sederhana dan dinamis, tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang dihadiri perwakilan OKP di daerah penghasil minyak. Termasuk dinas pemuda olahraga (Dispora) turut menghadiri pertemuan, untuk mendengar aspirasi seluruh pemuda sesuai tugas dan kegiatan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bojonegoro, Miftakhul Huda mengungkapkan, berdasarkan data sensus penduduk 2020 Kabupaten Bojonegoro capai 1.301.635 jiwa jumlah usia milenial 25,87 persen merupakan penduduk masuk pada kelompok produktif. Bahkan 23,18 persen pada tujuh tahun mendatang akan memasuki usia produktif.

"Hal ini akan menjadi peluang dan tantangan bagi Kabupaten Bojonegoro, baik sekarang dan masa yang akan datang. Karena generasi tersebut akan menjadi aktor pembangunan Bojonegoro disemua bidang, ini tentu menjadi tanggungjawab bersama stake holder," ungkapnya.

Melihat kondisi sekarang ini lanjut Mas Takul, tahapan perencanaan kegiatan dan penganggaran sedang berjalan dengan dilakukan pembahasan Musrenbang 2022 ditingkat kecamatan. Namun pembahasan issue tentang kepemudaan membutuhkan ruang tersendiri, sebagai upaya optimalisasi perencanaan dan tatakelola potensi pemuda Bojonegoro.

"Sehingga melalui pertemuan ini bisa menjadi rangkaian Musrenbang kepemudaan agar pemuda Bojonegoro harus bangkit, pemuda produktif," ungkapnya saat diskusi tentang 'Musrenbang kepemudaan 2022' di rumah inspirasi jalan dr Soetomo Bojonegoro, Rabu (24/2/2021) malam.

Pemuda yang juga sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro menuturkan, singkronisasi program tiap OKP sesuai basic dan potensi yang dimiliki bersama stakeholder juga pemerintah harus dilakukan dalam kerangka optimalisasi percepatan pembangunan.

"KNPI merupakan wadah komunikasi lintas OKP, mandatoris komunitas pemuda. Pada diskusi ini bisa melahirkan gagasan, usulan program dalam kontek untuk internal dan eksternal lembaga," ungkapnya.

Ditambahkan, usulan yang disampaikan menjadi issu bersama yang difollow up bersama-sama. Sekaligus KNPI menjadi sarana silaturrahim dan kebersamaan antar OKP di Bojonegoro, serta rasa memiliki dan membangun Bojonegoro kedepannya.

Sementara itu perwakilan Dispora Kabupaten Bojonegoro, Slamet mengapresiasi langkah KNPI yang bersemangat mendorong dan menjadi wadah komunikasi OKP di Bojonegoro. Pasalnya singkronisasi dan harmonisasi antar OKP perlu dilakukan secara terus menerus.

"Hasil usulan akan berupaya difollow up, sekaligus menjadi catatan dan masukan," terangnya.

Berbagai usulan yang disampaikan seluruh perwakilan peserta, mulai sekolah kewirausahaan, penguatan kelembagaan, wawasan kebangsaan dan media sosial. Serta beberapa usulan lainnya baik peluang dan tantangan pemuda sekarang ini, agar bisa terlaksana melalui DPD KNPI Bojonegoro dengan adanya Musrenbang Kepemudaan. [zid/mu]

Tag : knpi, musrenbang, kepemudaan, organisasi kepemudaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat