Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Kecamatan Bojonegoro Antusias Ikuti Tes Perades CAT

blokbojonegoro.com | Tuesday, 04 May 2021 10:00

Warga Kecamatan Bojonegoro Antusias Ikuti Tes Perades CAT

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ratusan warga Kecamatan Bojonegoro, antusias mengikuti tes pengisian perangkat desa, Selasa (4/5/2021). Mereka telah ditetapkan lolos seleksi administrasi dan mulai mengikuti ujian dengan metode Computer Assited Test (CAT).

Ada 4 desa yang ada di wilayah Kecamatan Kota Bojonegoro yang menggelar pengisian perangkat desa. Di antaranya, Desa Sukorejo pengisian Sekretaris Desa dan Kepala Dusun, Desa Kauman pada pengisian Sekretaris Desa, Desa Mulyoagung pengisian Kepala Seksi Kesejahteraan dan Kepala Dusun. Dengan total jumlah peserta sebanyak 184 orang.

Tim pengisian perangkat desa dari empat desa tersebut telah sepakat menunjuk Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, sebagai panitia pihak ketiga pelaksanaan ujian perangkat desa, yang diselenggarakan di SMP Negeri 5 Bojonegoro.

Panitia Tim Pengisian Perangkat Desa Campurejo, Deddy Bachtiar menjelaskan, sesuai sosialisasi yang telah dilaksanakan pemerintah Kecamatan beberapa waktu lalu serta sebagai tindaklanjut atas arahan Bupati Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), agar seluruh jenis pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dan tercapai sesuai harapan yang sebaik-baiknya.

"Ada empat desa yang mengalami kekosongan jabatan perangkat desa, sehingga dilaksanakan secara serentak dan difasilitasi oleh pihak Kecamatan Bojonegoro," ungkap Panitia Tim Pengisian Perangkat Desa Campurejo, Deddy Bachtiar.

Selama 19 hari tahap pendaftaran mulai dari tanggal 24 April 2021, tim pengisian perangkat Desa di masing-masing Desa berhasil menjaring sebanyak 184 orang peserta ujian. Di antaranya meliputi Desa Sukorejo, jabatan Sekdes sebanyak 58 peserta, jabatan Kepala Dusun sebanyak 15 orang peserta.

Desa Kauman jabatan Sekretaris Desa sebanyak 40 orang. Selanjutnya, di Desa Mulyoagung pada jabatan Kasi Kesejahteraan sebanyak 20 orang peserta, dan Kepala Dusun 19 peserta. Sementara untuk Desa Campurejo pada jabatan Kasi Pelayanan total peserta sebanyak 32 orang.

"Dari hasil penjaringan ini peserta ujian calon perangkat desa ini selanjutnya akan mengikuti penyaringan dengan metode CAT yang diselenggarakan oleh pihak ketiga yaitu Universitas Airlangga Surabaya," imbuhnya.

Pada ujian ini seluruh peserta akan mengerjakan 60 soal dengan rentang waktu 60 menit. Dan dibagi menjadi 3 (tiga) sesi, untuk sesi pertama yang akan melangsungkan ujian CAT yakni dari Desa Mulyoagung dan Campurejo, sesi kedua Desa Kauman dan Sesi Ketiga Desa Sukorejo.

"Dikarenakan masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, ujian dibagi menjadi 3 sesi dengan masing-masing peserta sebanyak 30 Bakal Calon ParaDes," pungkasnya.

Dari pantauan dilapangan, pelaksanaan ujian ParaDes metode CAT di tengah Pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker. [liz/ito]

Tag : pengisian, perangkat, desa, bojonegoro

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini