18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi

blokbojonegoro.com | Monday, 06 May 2024 21:00

PEPC Gelar Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Bumi

Reporter: M. Anang Febri 

blokBojonegoro.com – PT Pertamina EP Cepu (PEPC) terus berupaya menerapkan nilai-nilai Environmental, Social & Governance (ESG) dan memperkuat kesadaran lingkungan untuk para pekerja. Pada kesempatan Hari Bumi 2024, PEPC menggelar environmentalk atau talkshow bertema "Penerapan Sustainable Lifestyle" di Patra Jasa Office Building, Jakarta pada Senin (29/4/2024). 

Menghadirkan narasumber dari PlasticPay dan LyfewithLess, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness pekerja dalam penerapan gaya hidup ramah lingkungan yang berkelanjutan. Demikian dikatakan oleh Manager HSSE Operations PEPC Zona 12 Benny Rahadian saat memberikan sambutan di kegiatan talkshow tersebut. Menurutnya masyarakat global semakin mempunyai kesadaran akan pentingnya bumi yang terjaga. Terlebih kesepakatan internasional juga mengarah pada perbaikan-perbaikan lingkungan untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim yang ekstrim.

Benny menambahkan, PEPC sebagai entitas bisnis yang berwawasan lingkungan dalam menjalankan operasionalnya selalu mengedepankan keberlanjutan. Tidak hanya itu, kampanye sadar lingkungan juga menjadi bagian keseharian dari setiap pekerja dan juga sebagai manifestasi dari budaya perusahaan yang terangkum dalam (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) AKHLAK

"Kita terus meningkatkan awareness dalam keseharian baik di lingkungan rumah maupun kantor. Semoga gaya hidup yang ramah lingkungan ini bisa memberikan dampak positif untuk bumi kita," ujarnya. 

Environmentalk ini dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh peserta baik yang di kantor pusat Jakarta maupun di lapangan Jambaran-Tiung Biru di Bojonegor. Dari lapangan, Jr. Officer Facilities JTB Field Paramita Ayuningtyas mengapresiasi kegiatan peringatan hari bumi yang digelar oleh panitia tahun ini.

Ayu berharap salah satu rangkaian kegiatan ini yakni "Saling-silang di kantor PT Pertamina EP Cepu" yang memperbolehkan pekerja membawa barang untuk di recycle ini supaya dapat dilaksanakan juga di lapangan.

"Sangat bagus ya acaranya, apalagi ada "saling-silang" jadi kita bisa berkontribusi lebih nyata untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan," akunya.

Panitia pelaksana peringatan Hari Bumi dari fungsi HSSE, Jr Analyst Environmental Sustainability Prawinda Fitri menerangkan pentingnya menumbuhkan kesadaran kolektif terkait lingkungan agar tercipta sebuah budaya masyarakat sadar lingkungan keberlanjutan.

"Dasarnya ialah kita hendak memperkuat perilaku positif secara bersama-sama yang dimulai dari lingkungan kita agar kedepan alam ini bisa terlindungi untuk generasi mendatang," tambahnya.

Peringatan Hari Bumi tahun ini selain menggelar talkshow yang mengulas tentang budaya daur ulang plastik dan penerapan gaya hidup ramah lingkungan juga diisi dengan pelaksanaan "Bersaling-silang di kantor" yakni upaya mewadahi pekerja untuk melakukan aksi beberes dan mengurangi barang yang tidak atau jarang terpakai (decluttering) di rumah tinggalnya sebagai awal dari memulai gaya hidup yang berkelanjutan (sustainable lifestyle). 

Bekerja sama dengan tim saling-silang sebanyak 4 orang yang tergabung dalam komunitas LyfewithLess, para pekerja diperbolehkan membawa barang miliknya yang telah dikategorikan sebagai layak maupun tidak layak pakai untuk kemudian dikumpulkan ke panitia untuk dikurasi lebih lanjut. Barang yang dibawa meliputi baju, selendang, kerudung, buku, tas dan sebagainya yang selanjutnya akan di recycle dan sebagian didonasikan untuk memperpanjang umur barang-barang layak pakai milik pekerja.

Diharapkan, dengan diadakannya rangkaian peringatan Hari Bumi sedunia ini kepedulian terhadap lingkungan akan semakin tinggi dan para peserta terus melanjutkan dengan aksi nyata dalam kesehariannya. Setiap tahun, tema peringatan Hari Bumi memang berbeda beda, pada peringatan Hari Bumi tahun ini tema yang digusung adalah "Planet vs Plastics" dengan tujuan untuk menggugah kesadaran kolektif masyarakat agar memerangi persoalan plastik yang telah menjadi masalah global. Dengan demikian diharapkan kedepan sampah plastik bisa berkurang. [feb/red]

Tag : Pepc , Jtb, hari bumi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat