21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |   19:00 . Laga Perdana Liga 3 Nasional, Persibo Bojonegoro Klaim Akan Raih 3 Poin   |   18:00 . Ini 10 Nama Calon Komisioner KPU Bojonegoro, Satu Petahana Gugur   |   16:00 . UNUGIRI Jadi Tuan Rumah Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW IV, Rektor Turut Sukseskan Acara   |   13:00 . Pilkada Bojonegoro 2024 Mulai Bergeliat, Ini Enam Sosok yang Dipasarkan   |   22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   17:00 . Kronologi Lengkap Pencurian Motor Milik Pegawai Koperasi di Bojonegoro   |   16:00 . Gudang Beras di Bojonegoro Kebakaran, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |  
Tue, 30 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif

blokbojonegoro.com | Thursday, 11 April 2024 08:00

Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk melakukan silaturahmi saat hari lebaran tiba. Dimana, kegiatan mudik, berbelanja kebutuhan lebaran (sandang dan pangan) serta memberi uang untuk anak-anak (angpo) sudah seperti menjadi hal wajib untuk dilakukan.

Meskipun mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang hari lebaran, apabila tidak dikelola dengan baik. Tentu akan mengakibatkan defisit keuangan, terlebih di momen hari lebaran sudah dianggap sebagai ajang balas dendam untuk memuaskan jiwa bagi konsumtif masyarakat.

Menurut Dosen, awal yang baik, maka mulailah perencanaan keuangan untuk lebaran jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini memungkinkan kita untuk menyisihkan dana secara bertahap tanpa menimbulkan tekanan keuangan.

Lalu anggaran yang realistis, tetapkan anggaran yang realistis untuk pengeluaran kita selama lebaran. Termasuk untuk kebutuhan seperti makanan, pakaian baru, serta hadiah dan bingkisan.

"Hemat belanja, yaitu memanfaatkan diskon dan promosi saat membeli kebutuhan lebaran. Serta bandingkan harga di berbagai toko/toko online untuk memastikan mendapatkan harga terbaik," ungkap Dosen Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Adab Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Anwar Saleh Hasibuan, Lc., M.H.,CPM.

Juga memprioritaskan kebutuhan primer, dalam arti fokuskan pengeluaran pada hal-hal yang benar-benar penting dan sesuaikan dengan prioritas. Hindari tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan/tidak dibutuhkan atau barang-barang yang tidak begitu penting.

Tips selanjutnya, hindari utang. Jika memungkinkan hindari menggunakan kartu kredit atau pinjaman lainnya untuk membiayai pengeluaran selama lebaran. Sebab hutang dapat menimbulkan beban finansial yang berkepanjangan.

"Berbagi dengan bijaksana, tetaplah menjadi dermawan. Namun sesuaikan sumbangan kita dengan kemampuan keuangan, juga dapat berbagi dengan memberikan waktu atau keterampilan kita kepada mereka yang membutuhkan," ujarnya.

Evaluasi dan refleksi juga menjadi poin penting usai lebaran berakhir. Kemudian tinjau kembali pengeluaran dan evaluasi apakah sudah mematuhi anggaran yang telah ditetapkan. Dan gunakan pengalaman ini untuk perencanaan keuangan di masa mendatang.

"Dengan mengikuti tips ini, kita dapat mengelola keuangan dengan lebih baik selama masa lebaran dan merayakan dengan lebih tenang serta terkendali secara finansial," ulasnya. [liz/mu]

 

Tag : Lebaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat