Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411

blokbojonegoro.com | Monday, 04 March 2024 14:00

Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tingkat pengganguran di Bojonegoro, hingga tahun 2023 masih tembus di angka 36.411 orang. Masih banyaknya angka pengangguran di daerah Bojonegoro disebabkan karena meningkatnya jumlah angkatan usia kerja.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro, Kiki Ferdiana menegaskan, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) menjadi indikator untuk mengukur penduduk usia kerja yang aktif di dalam perekonomian.

"Angkatan kerja tahun 2023 mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2022 yaitu sebesar 72,16 persen," ungkap Kiki Ferdiana.

Meningkatnya penduduk usia kerja karena jumlah penduduk di Bojonegoro bertambah. Sehingga, angka pengangguran juga akan ikut bertambah. Sementara tingkat pengganguran di Bojonegoro, pada tahun 2022 masih tembus di angka 34.414 orang.

"Sedangkan pada 2023 tembus di angka 36.411 orang, secara persentase angka pengangguran di Bojonegoro turun. Yakni tahun 2023 sebesar 4,63 persen jika dibandingkan tahun 2022 yaitu sebesar 4,69 persen," ujarnya.

Sementara itu, untuk membandingkan antar tahun, tidak bisa dilihat dari segi jumlah, tetapi dari persentasenya. "Sebab jumlah pengangguran dipengaruhi dari angkatan kerja atau usia kerja," bebernya. [liz/lis]

 

 

Tag : pengangguran, angkatan, kerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.