Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wow, Harga Tomat Tembus Rp20.000 Per Kilogram

blokbojonegoro.com | Monday, 08 January 2024 09:00

Wow, Harga Tomat Tembus Rp20.000 Per Kilogram

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Harga tomat di Kabupaten Bojonegoro, melambung pada awal tahun 2024 ini. Pantauan blokBojonegoro.com di pasar tradisional, harga tomat kini mencapai Rp20.000/kilogram.

Hal itu diantaranya diakui Karsini, pedagang di Pasar Kota Bojonegoro. Menurut Karsini, akhir tahun lalu harga tomat masih di kisaran Rp16.000/kilogram. Lalu naik bertahap hingga hari ini mencapai Rp20.000/kilogram.

"Naiknya sudah sejak awal tahun, sampai hari ini jadi Rp20.000/kilogram," ungkap Karsini di lapaknya.

Kenaikan harga tomat diakui Karsini, akibat cuaca buruk atau curah hujan yang cukup tinggi. Hal itu berdampak pada kesehatan tomat itu sendiri, atau tomat lebih cepat membusuk usai dipanen.

"Jadi dikurangi stok-stok yang ada. Meski kenaikan tomat terlampau tinggi, pembeli masih stabil namun banyak yang mengeluh. Sebab, tomat menjadi salah satu kebutuhan bagi warga Bojonegoro," ujarnya.

Sementara itu, Susi Liniswati Pedagang Sambelan asal Kalitidu mengaku jika sebelum naik Rp20.000 per kilogram. Harga tomat yaitu sekitar Rp8.000 per kilogram kala itu, bahkan ia bisa memasak hingga 2 kilogram tomat untuk tumis.

"Sekarang cuma bisa masak 1 kilogram tomat, omzet tetap. Hanya saja bumbu dikurangi dan tentunya dari segi bumbu masakan kurang pas karena tomat mahal," ujarnya. [liz/mu]

 

Tag : Kebutuhan pokok, sayur, pasar tradisional, harga tomat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.