22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kolaborasi dan Peduli Lingkungan, EMCL Serahterimakan Ribuan Bibit Pohon Produktif

blokbojonegoro.com | Tuesday, 12 December 2023 18:00

Kolaborasi dan Peduli Lingkungan, EMCL Serahterimakan Ribuan Bibit Pohon Produktif

Gerakan menanam pohon bersama di area Kokobo Dander Forest yang masuk wilayah BKPH Dander. (Foto: Doc. EMCL untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Lizza Arnofia


blokBojonegoro.com - Operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyerahterimakan ribuan bibit dalam Program Penghijauan Tahun 2023, yang bermitra dengan Yayasan Sedulur Pena, Selasa (12/12/2023).

Serah terima dilaksanakan di Kokobo Dander Forest yang juga masuk wilayah Perum Perhutani KPH Bojonegoro, RPH Dander BKPH Dander. Acara dihadiri SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, BAPEDDA, Administratur (Adm) Perhutani KPH Bojonegoro Selamet Juwanto, Adm Perhutani KPH Parengan Irawan Darwanto Djati, Forkopimcam dan Pemdes Dander, serta 24 Non Government Organization (NGO) Mitra Program EMCL.

Community Relation Supervisor EMCL, Feni K. Indiarti menyampaikan bahwa sebagai salah satu dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKS) dari SKK Migas, memiliki kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan program penghijauan. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan sendiri melainkan bersama-sama untuk melestarikan bumi dengan gerakan menanam pohon bersama.

"EMCL berharap apa yang dilakukan hari ini menjadi investasi untuk kelestarian lingkungan di masa mendatang. Serta dampak positif dan manfaatnya dapat dirasakan bersama," ungkapnya.

Feni menambahkan, untuk tahun 2023 ini, lebih dari 23 ribu bibit pohon telah didistribusikan dan ditanam di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan. Sedangkan di Kabupaten Bojonegoro lebih dari 6.500 bibit pohon produktif telah didistribusikan untuk dilakukan penanaman dan perawatan.

"Terimakasih untuk semua stakeholder yang mendukung dan berkolaborasi dalam program penghijauan. Budaya gotong royong untuk bersama-sama merawat bumi, menjadi salah satu pondasi kuat untuk menambah upaya penghijauan di Kabupaten Bojonegoro," ucap Feni.

Sementara itu, perwakilan SKK Migas Jabanusa, Erwin Andrianto Redi menjelaskan kegiatan penghijauan telah dilakukan beberapa tahun terakhir.

"Tahun 2023 target penghijauan di wilayah Jabanusa ada 126.574 bibit pohon. Realisasi ternyata melebihi target yakni 126.879 bibit termasuk salah satunya kontribusi dari EMCL dengan jumlah lebih dari 23 ribu bibit di 3 kabupaten, dan tahun ini 6.500 lebih di Kabupaten Bojonegoro," ulas Erwin.

Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Erwin Andrianto Redi Menyerahkan bibit pohon kepada pengelola Kokobo.(Foto: Doc. EMCL untuk blokBojonegoro.com)

Administratur Perhutani KPH Bojonegoro, Selamet Juwanto mengucapkan terimakasih kepada EMCL atas kepedulian terhadap lingkungan melalui kolaborasi dengan Perhutani untuk melakukan konservasi lingkungan.

"Semoga kegiatan gerakan menanam pohon bersma ini menjadi tonggak sejarah untuk anak cucu kita untuk meninggalkan kebaikan di masa depan. Jangan kita pergi meninggalkan air mata, tapi meninggalkan mata air," pesan Juwanto.

Frika Deddy Sofyan dari Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro mengapresiasi kolaborasi dan peduli lingkungan dengan program penghijauan. Menurutnya, sampai saat ini belum ada regulasi bagaimana pemkab bisa mengakses wilayah hutan.

"Melalui kolaborasi seperti ini, bisa mempunyai akses untuk bersama-sama melakukan kegiatan penghijauan," kata Frika.

Kabupaten Bojonegoro sendiri sejak tahun 2018 hingga 2022, telah menanam lebih dari 500 ribu pohon dengan progres 100ribu pertahun. Di waktu dekat akan ada rilis jumlah pohon yang telah ditanam sampai akhir tahun 2023 ini.

"Kewajiban menanam pohon bukan pada Dinas, ataupun instansi. Melainkan harus ditumbuhkan sejak dini, untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam dan merawat pohon," kata Frika.

Pada kegiatan penanaman pohon bersama, dilakukan serah terima 3.660 bibit pohon buah produktif secara simbolis dari SKK Migas kepada pengelola Kokobo dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah BKPH Dander dan BKPH Tengger. Pohon buah yang diberikan diantaranya mangga, kelengkeng, matoa, nangka, durian, alpukat, sirsat, dan kopi.

Menariknya, dalam kegiatan tersebut, juga ada edukasi menanam kopi dataran rendah Bojonegoro yang dilakukan anak-anak TK Tunas Rimba Dander, yang dipandu oleh Komunitas Sematta. Serta, aktivitas pembuatan video pendek yang dilakukan oleh mahasiswa dari 13 kampus di Bojonegoro. [liz/ito]

Aktifitas anak-anak TK Tunas Rimba Dander bersama Komunitas Sematta. (Foto: Doc. EMCL untuk blokBojonegoro.com)

 

 

Tag : EMCL, Kokobo, LMDH, Perhutani KPH Bojonegoro, Program Penghijauan, Yayasan Sedulur Pena



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat