22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Beragam Produk UMKM Asal Bojonegoro Dipajang di Pameran Ekonomi Kreatif TMII

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 November 2023 10:00

Beragam Produk UMKM Asal Bojonegoro Dipajang di Pameran Ekonomi Kreatif TMII

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Beragam produk kreatif karya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bojonegoro ikut memeriahkan Pameran Ekonomi Kreatif di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan potensi ekonomi dan budaya khas Bojonegoro ke publik lebih luas.

Salah satu penggiat ekonomi kreatif asal Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Maisir, pelaku UMKM pelepah pisang, mengaku sangat bangga memamerkan produk-produknya pada Pameran Ekonomi Kreatif di Anjungan Jatim TMII di Jakarta.

"Produk kami memiliki beragam jenis, mulai dari gantungan kunci, aksesoris, perabot rumah tangga, hingga home decor. Harga produk pun bervariasi, mulai dari Rp5.000 hingga jutaan rupiah," ujar Maisir.

Sementara itu, di stand pameran ekonomi kreatif tersebut terdapat kerajinan batik canting asal Bojonegoro yang langsung mengajak pengunjung untuk mencoba teknik membatik.

Kak Seto, seorang milenial muda dari Kecamatan Temayang, penggiat UMKM batik canting ini dengan luwes memperagakan cara membatik dan mengajak para pengunjung untuk belajar membatik bersama.

"Kita bisa belajar membatik bersama. Sudah kami sediakan kain, canting panas, dan lilin. Untuk kain batik yang sudah kami produksi ada berbagai motif batik khas Bojonegoro, seperti motif thengul, daun jati, kayangan api, wonocolo, hingga jembatan Sosrodilogo," sambung Maisir.

Kain batik produksi Kak Seto ini menggunakan pewarna alami dari ekstraksi kayu mahoni, sehingga menjadikannya ramah lingkungan.

Pameran Ekonomi Kreatif di TMII ini juga menampilkan kerajinan kayu dan akrilik dari Pak Darno, warga Desa Bogo, Kecamatan Kapas. Produk-produk kayu seperti hiasan dinding, papan nama, aksesoris, speaker, dan lainnya, telah sukses diekspor ke mancanegara.

Pak Darno telah menggeluti usaha ini sejak tahun 1999 dan memberdayakan pengrajin-pengrajin kayu lokal. Produknya memiliki harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

"Saya sudah memulai usaha akrilik sejak 1999 dan mulai usaha kayu sekitar tahun 2004. Alhamdulillah, kami sering diundang untuk berpartisipasi dalam pameran-pameran seperti ini," tambah Pak Darno.

Pameran ekonomi kreatif ini, diharapkan akan semakin memperkuat pertumbuhan ekonomi kreatif Bojonegoro. "Dan memperkenalkan keunikan budaya serta kreativitas masyarakat Bojonegoro kepada publik lebih luas," tutup pengrajin asal Bogo. [liz/mu]

 

Tag : Umkm, pameran, tmii jakarta, umkm bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat