15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Konsep Smart Farming untuk Petani Milenial Terbukti Sukses Panen Melon

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 October 2023 21:00

Konsep Smart Farming untuk Petani Milenial Terbukti Sukses Panen Melon

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kolaborasi antara alam dan teknologi, rupanya sangat cocok diterapkan bagi petani milenial di Kabupaten Bojonegoro saat ini. Salah satunya Fatkul Ilma, petani sekaligus pendiri Gubuk Edukasi Djoyo Tani yang kian hari kian dikenal luas sebagai sosok inovatif.

Pasalnya pemuda tersebut mampu mengaplikasikan smart farming dan membuat greenhouse untuk menanam melon.

Berlokasi di Dusun Pesantren, Desa Bendo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Greenhouse milik Ilma sapaan karibnya, menjadi satu-satunya greenhouse di desa tersebut. Berkat keuletannya, Ilma kini mampu mengajak warga sekitar untuk bergotong-royong membangun greenhouse.

"Jenis melonnya ada dua, sweetnet dari Thailand dan jenis glamour sakata dari Jepang," ungkap Ilma.

Bahkan, pada 17 hingga 25 Juli 2023 lalu, Ilma sempat melakukan open house perdana bertajuk Petik Melon Premium Langsung dari Kebun. Katanya, proses tanam lebih mudah karena sudah tidak menggunakan tanah.

Melainkan serabut kelapa, sementara teknologi yang digunakan melalui teknologi smart farming. Artinya semua sistem otomatis sehingga bisa dikendalikan jarak jauh. Cara kerja smart farming melalui sistem irigasi tetes dan spray embun.

"Petani milenial itu harus keren, punya terobosan baru. Sehingga para petani muda milenial tidak kalah bersaing," ucapnya penuh semangat.

Pemuda asal Bendo berharap, nantinya para petani. Khususnya petani muda, tidak malu untuk berprofesi sebagai seorang petani. Menurutnya, petani masa kini itu tidak harus kotor dan harus di sawah. Bahkan petani juga bisa berdasi serta berseragam layaknya pejabat.

Selain itu, dukungan pemerintah juga sangat diperlukan. Terutama untuk mendukung petani muda, baik itu dukungan secara pendampingan di lapangan maupun dukungan secara finansial.

"Petani milenial Bojonegoro itu banyak dan keren-keren. Pemerintah tinggal memoles dan mengkonsep dan diarahkan. Karena tanpa adanya petani, ketahanan pangan akan terancam," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : melon, bendo, kapas, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat