19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |  
Fri, 03 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sukur: Bojonegoro Akan Dapat Tambahan DBH Migas Rp860 Miliar

blokbojonegoro.com | Friday, 13 October 2023 15:00

Sukur: Bojonegoro Akan Dapat Tambahan DBH Migas Rp860 Miliar

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Pemerintah Pusat dikabarkan akan mengucurkan tambahan Dana Bagi Hasil (DBH) untuk Kabupaten Bojonegoro senilai Rp860 Miliar. Namun, tambahan DBH ini belum tercantum di Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2024 yang telah disahkan pada 21 September 2023 lalu.

Kabar tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Sukur Priyanto. Menurutnya, ada surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang menyebutkan jika pendapatan Bojonegoro tahun 2024 naik dari Rp3,4 triliun menjadi Rp4,4 triliun.

"Ada tambahan Rp860 miliar di APBD 2024 nanti, tambahan ini khusus dari DBH dan lain-lain," ungkapnya, kemarin (13/10/2023).

Pihaknya meminta, dengan adanya hal tersebut, eksekutif perlu melakukan perubahan. Lantaran, dalam sistem pengelolaan keuangan tambahan DBH itu harus dilakukan perubahan pada sisi pembelanjaan. Selain itu, dengan adanya dana tambahan, Alokasi Dana Desa (ADD) juga berpotensi bertambah.

"Perubahan itu pasti akan kita lakukan, dan ADD yang diterima desa berpotensi naik, yang tak lain merupakan bentuk support Pemkab pada desa," terang Politisi Partai Demokrat ini.

Dalam waktu dekat, Sukur mengaku, pihak Legislatif akan segera meminta kepada Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto ataupun tim anggaran agar mereview kembali RAPBD tahun 2024 yang beberapa waktu telah diserahkan ke DPRD dan disahkan bersama untuk disusun ulang, agar tambahan pendapatan sebesar itu dapat dibelanjakan untuk hal-hal produktif dan penting, dengan harapan dapat mengurangi angka kemiskinan di kabupaten berjuluk kota minyak yang saat ini menempati urutan ke 11 se-Jawa Timur.

"Pemkab atau tim anggaran tidak boleh kaku, buka kembali SIPD agar tambahan (DBH) ini dapat dialokasikan untuk belanja produktif," jelasnya.

Terlebih, Kota Migas sebutan lain Bojonegoro, masih terjadi ketimpangan ekonomi antara wilayah barat dengan timur. Dimana wilayah bagian barat  Bojonegoro selama ini masih menjadi penyumbang terbesar angka kemiskinan, contohnya yakni dari wilayah Kecamatan Ngambon, Sekar, Gondang, Tambakrejo, Margomulyo, Ngraho, Ngasem, Kasiman, dan Kedewan.

"Wilayah Bojonegoro belahan barat ini memang penyumbang angka kemiskinan terbesar dibandingkan dengan wilayah timur," tuturnya.

Selain itu, program pengentasan kemiskinan, tambahan DBH sebesar Rp860 miliar itu juga disarankan untuk dapat dialokasikan pada program pengurangan stunting, peningkatan pendidikan, serta program prioritas yang sifatnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga kabupaten yang memiliki cadangan minyak dan gas bumi terbesar nasional.

"Kepedulian pada sektor pendidikan juga sangat penting sekali, mengingat tingginya angka perceraian di Bojonegoro dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan pendidikan yang masih rendah," pungkasnya

Sementara itu, Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto, saat dikonfirmasi terkait adanya tambahan DBH tahun 2024 dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Bojonegoro, menyatakan jika tidak ada tambahan lagi.

"Setiap tahun memang ada alokasi reguler yang sudah disampaikan pemerintah pusat untuk Bojonegoro. Alokasi 2024 sudah ditetapkan tapi tidak ada tambahan lagi di 2024,” tandas Adriyanto. [riz/lis]

Tag : dbh, migas, tambahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat