16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |  
Fri, 10 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Zaman Modern, Jual Ayam Pun Bisa Lewat Online

blokbojonegoro.com | Friday, 13 October 2023 12:00

Zaman Modern, Jual Ayam Pun Bisa Lewat Online Foto ilustrasi

Kontributor: Sahdan 

blokBojonegoro.com - Di zaman modern seperti sekarang ini atau biasa disebut zaman digital, banyak merubah kebiasaan masyarakat, mulai dari mencari informasi, hiburan hingga jual beli.

Zaman dulu, saat akan menjual ayam harus menunggu tengkulak lewat di depan rumah atau pergi ke pasar, namun sekarang berbeda dengan adanya media sosial (Medsos).

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang warga Dusun Jombang, Desa Bumirejo Kecamatan Kepohbaru Bojonegoro, Navim Jamaludin.

Seperti kebanyak petani di desa, disela-sela kesibukan menggarap sawah, warga Dukuh Jombang ini beternak ayam, yaitu ayam jenis Bangkok.

Hal itu dilakoni Navim, semenjak ia tak lagi bekerja sebagai karyawan bank swasta dan memilih menggarap sawah sebagai pekerjaan utamanya.

Meski ia bergelar sarjana, Navim tak malu untuk bisa terus bekerja meski sebagai seorang petani, ia bercita-cita dengan modal keteguhan serta kemauan yang kuat dirinya ingin menjadi juragan (sebutan orang kaya desa).

"Ngapain harus malu, ini pekerjaan halal meski harus pegang cangkul dan sabit yang penting bisa memenuhi kebutuhan hidup," kata Navim Jamaludin. 

Di balakang dan samping rumahnya yang sangat luas, Navim memiliki beberapa kotak kandang ayam Bangkok baik itu pejantan maupun betina.

Bagi warga Dukuh Jombang ini, kesibukan seperti tani dan beternak tentu tak hanya menganghasilkan rupiah, akan tetapi banyak pelajaran berharga yang bisa diambil.

"Selain dekat keluarga juga bekerja tidak banyak aturan serta tekanan, karena pada dasarnya manusia jarang ada yang mau diatur serta ditekan, kebanyakan diantara kita pasti memilih bebas dan merdeka," ungkap Navim bercerita isi hatinya.

Saat ini setidaknya ada puluhan ekor ayam Bangkok dan bebek yang ia miliki, secara tekun ia merawat ternaknya di sela-sela waktu senggang saat di rumah, baik pagi, siang dan sore guna untuk memberi makan ayam dan bebeknya.

Menurut Navim, 1 indukan ayam Bangkok harga jualnya bisa diangka Rp100.000 hingga Rp120.000. Dan ia memanfaatkan media sosial untuk penjualan sehingga ia tak perlu keliling seperti dahulu, cukup jual beli melalui online.

"Jual online, bisa melalui Facebook dan Instagram sudah banyak grup jual beli ayam maupun bebek, tentu sangat mempermudah sekarang," tuturnya.

Ternak dan jual beli ayam Bangkok tidak hanya mendatangkan rupiah semata akan tetapi menambah jaringan melalui jual beli, dengan memiliki jaringan yang banyak tentu usaha lebih mudah karena ilmu pengetahuan terkait jual beli terus bertambah.

"Jual beli ayam Bangkok tidak hanya mendatangkan rupiah akan tetapi banyak mendapatkan keuntungan yang lain seperti jaringan, teman dan lain sebagainya, yang sangat berguna," tutup Navim. [sah/mu]

 

Tag : Ternak ayam, penjualan online



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat