23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Promosikan Produk Lokal Unggulan Khas Bojonegoro Lewat Ajang Pameran Inacraft 2024

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 March 2024 09:00

Promosikan Produk Lokal Unggulan Khas Bojonegoro Lewat Ajang Pameran Inacraft 2024

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com -  Pameran The 24rd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) resmi dibuka sejak Rabu (28/2/2024). Bahkan pameran akan berlangsung hingga Minggu (3/3/2024) di Balai Sidang, Jakarta Convention Center (JCC).

Tak kalah menarik, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro juga turut hadir dan meramaikan ajang handicraft berskala dunia ini dengan membawa produk unggulan khas Bojonegoro.

Tema utama pameran tahun ini yaitu From Smart Village to Global Market dengan tagline World Craftpreneur Under One Roof. Dengan tema dan tagline tersebut, diharapkan bisa menjadikan inacraft sebagai pusat promosi kerajinan skala Internasional. Pameran diikuti oleh Dekranasda Kabupaten/Kota, termasuk Bojonegoro.

Ketua Umum BPP Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) selaku Pelaksana Inacraft 2024, Muchsin Ridjan menegaskan pameran ini kembali digelar yang ke-24. Pameran ini diprakarsai oleh ASEPHI pada 1999 bersama PT Mediatama Binakreasi.

"Tujuan kami menempatkan pameran ini merupakan promosi handicraft lokal untuk meraih pasar dunia," ungkap Muchsin Ridjan.

Pihaknya juga mengaku sangat optimis menyelenggarakan kegiatan ini karena yakin Pameran Inacraft ini penting. Selain itu, kegiatan perekonomian harus tetap berjalan khususnya memberikan kesempatan transaksi bisnis, agar ekonomi tetap berjalan.

Peserta pameran kali ini sebanyak 1.500 UKM dengan mengisi 1.066 stand. Peserta kuliner juga dimasukkan dalam bagian dari pameran inacraft ini. "Selama 5 hari, ditargetkan 100.000 orang dengan transaksi retail sebesar Rp 100 miliar. Harapannya nanti ada pusat craft di Jakarta dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI) Teten Masduki memberi apresiasi tinggi dan mengucapkan selamat atas terlaksananya Inacraft 2024. Apresiasi juga disampaikan pada ASEPHI atas berhasilnya mengangkat branding Inacraft di skala ASEAN.

Indonesia memiliki pangsa pasar sekitar 1,25 persen dalam industri kerajinan di dunia. Pangsa pasar Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat karena kekayaan sumber daya alam (SDA) dan keterampilan perajin dalam mengubah produk dekoratif dan kerajinan yang sangat Istimewa.

"Ini peluang bagi para perajin kriya untuk mencapai pasar dalam negeri. Kami juga mengapresiasi inovasi inacraft dalam mengembangkan inovasi benang Sutra Eri, yang satu-satunya dipabrikasi di Indonesia dengan komposisi 70 persen tencel dan 30 persen serat Sutra Eri," sambung Teten Masduki.

Atas nama pemerintah pihaknya mengucapkan selamat atas pelaksanaan Inacraft 2024 yang telah beradaptasi dengan era digital melalui konsep smart, simple, mobile, accessible, realtime and trustworthy.  Melalui cashless payment, social media oriented and digital insight program.

"Dengan branding Inacraft yang kuat di ASEAN di 2024, Indonesia dapat memimpin sebagai negara eksportir produk handicraft terdepan di kawasan ini. Selain itu, Indonesia berhasil masuk pada daftar 10 Negara eksportir handicraft terbesar di dunia," ulasnya. [liz/mu]

Tag : umkm, produk unggulan, umkm bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat