17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sun, 21 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 26 March 2024 21:00

EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas

Reporter: Parto Sasmito 

blokBojonegoro.com - Operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), mengajak awak media di wilayah Kabupaten Bojonegoro bincang-bincang konten kreatif untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas, Selasa (26/3/2024).

External Affairs Manager EMCL, Beta Wicaksono dalam sambutannya mengatakan, selain sebagai kontrol sosial, media memiliki peran penting sebagai media informasi, edukasi, dan hiburan. Dalam pengembangan UMKM, media mempunyai peran untuk lebih mengenalkan produk-produk dan usaha lebih luas kepada masyarakat.

Diharapkan, media bisa memilih angle berita yang humanis, cerita yang bisa menyentuh masyarakat, dan juga mempromosikan produk UMKM untuk mendukung UMKM lebih tumbuh.

"Dalam Program Pengembangan Masyarakat misalnya, kawan-kawan bisa memilih angle bagaiamana masyarakat ada yang mengihbahkan tanahnya untuk program air bersih, news value-nya lebih tinggi dibandingkan seremonial serah terima. Begitu juga dalam mendukung UMKM, pasti kawan-kawan media lebih berpengalaman untuk mengangkat cerita-cerita yang bisa menyentuh masyarakat," ulas Beta.

Dalam bincang-bincang media, hadir narasumber Ketua Paguyuban Kartini Mandiri, Yeni Supriyati yang merupakan binaan dari EMCL. Yeni mengaku mulai usaha sejak 2016. Pada tahun 2018 mengikuti program Ibu Inspirasi Bojonegoro. Setelah mampu menyelesaikan program binaan itu, para peserta kemudian membentuk paguyuban hingga sekarang.

"Pada tahun 2019 kami mendapat dukungan dari EMCL mulai dari pelatihan, hingga alat produksi. Dalam proses produksi biasanya setelah menggoreng camilan kami tunggu dulu kerinh esoknya baru packing. Tapi sekarang dengan spinner untuk meniriskan minyak goreng, prosesnya jadi lebih cepat," ujar Yeni.

Selain itu, kata Yeni, dalam Paguyuban Kartini Mandiri yang beranggotakan 100 orang, banyak produk-produknya yang sudah mengantongi sertifikat halal dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT).

"Untuk pemasaran produk, selain lokal Bojonegoro juga luar daerah dengan memasukkan produk di supermarket. Bahkan, beberapa produk dari anggota paguyuban ada yang pernah sampai di luar negeri, di antaranya di Singapura, Taiwan, dan Maroko," imbuhnya.

Bincang-bincang media, diikuti wartawan dari berbagai media siber, cetak, televisi, dan radio yang ada di Bojonegoro. [ito/red]

Tag : Umkm, emcl, program pengembangan masyarakat, media



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat