18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul5   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 April 2024 11:00

Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan


Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Vicky Eka Prasetya, Mahasiswa Prodi Manajemen Ritel, Universitas Bojonegoro (Unigoro) berhasil merintis usaha dalam mengembangkan sekaligus memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) di Desa/Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Terbukti kemahiran inovasinya bisa mengolah buah sekaligus kulit pisang ulin  menjadi produk keripik dan kerupuk. "Awalnya pengen ikut aja, karena dengar informasi ada pemilihan Pemuda Pelopor. Dari situlah ada ketertarikan untuk ikut di bidang pangan," ungkap Vicky.

Terlahir dari kedua orang tua yang berprofesi sebagai pelaku usaha kecil dan menengah di bidang pangan, pemuda asal Kalitidu ini mulai tertarik menggali potensi besar di desanya. Salah satunya dari banyaknya varietas pisang ulin yang hanya sekadar ditanam warga pada kebun seluas 4 hektar, dan ketika matang hanya dijual murah di pasar tradisional.

Menurutnya, inovasi tersebut berbasis pengembangan sumber daya manusia pada agroindustri pisang dalam menghadapi ekonomi masyarakat. "Saya bikin inovasi olahan keripik pisang ulin dan kerupuk kulit pisang ulin, kadang kan orang mikirnya habis makan pisang lalu kulitnya dibuang begitu saja. Nah ini gimana caranya mengolah limbah jadi kuliner," ujarnya.

Untuk proses pengolahan kerupuk kulit pisang ulin, menurutnya sangat mudah. Hanya membutuhkan kulit pisang sebagai bahan baku utama dan ditambah dengan campuran tapioka serta garam/penyedap rasa.


"Sama seperti halnya mengolah kerupuk, mulanya kulit pisang yang telah dikupas lalu di cuci hingga bersih. Kemudian diblender hingga halus dan direbus menggunakan tepung tapioka yang dicampur dengan garam serta penyedap secukupnya. Setelah itu kerupuk siap dipanaskan di terik matahari dan digoreng dengan minyak," beber Mahasiswa Manajemen Ritel.

Lanjut Vicky, saat dinyatakan sebagai pemenang pemuda pelopor di bidang pangan. Ia mengaku senang dan bahkan tidak menyangka, rupanya inovasinya bisa membuat para juri tertarik akan olahan pangan yang ia kreasikan menggunakan pisang ulin.

"Harapan ke depan, bisa membuat AGRO WISATA PISANG ULIN yang terletak di Desa Kalitidu. Sehingga Desa ini bisa maju dan terus berkembang, juga melahirkan anak muda yang kreatif inovatif serta produktif," harap Putra dari pasangan Liniswati dan Pasi. [liz/mu]

Tag : olahan pisang, kulit pisang, keripik kulit pisang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat