Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 October 2021 21:00

Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo Gus Ali saat berziarah ke Makam Habib Al-Jufri di Sumberrejo. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

 

Reporter: M. Yazid

 

blokBojonegoro.com - Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo, KH. Agoes Ali Masyhuri berziarah ke makam almarhum Habib Husein bin Yahya al Jufri (Yek Ali) yang wafat beberapa tahun lalu. Kehadiran Gus Ali Sidoarjo yang juga pengurus PBNU sekaligus meresmikan makam Yek Ali menjadi wisata religi di Desa Ngampal Kecamatan Sumberejo Bojonegoro.

 

Ketua yayasan Al-Shoulin, Habib Farid bin Abdurrahman al Jufri mengungkapkan suatu kehormatan dan bersejarah bagi Yayasan Al-Shoulin. Pasalnya lembaga pendidikan Al-Qur'an, Madin, dan Majelis Sholawat yang didirikan oleh almarhum Habib Husein bin Yahya al Jufri beberapa tahun lalu, kedatangan tamu istimewa KH. Agoes Ali Masyhuri, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat yg juga merupakan Pengurus PBNU.

 

"Kerawuhan (kedatangan) beliau (Gus Ali) ke Al-Sholin selain memberikan tausiyah dalam rangka Maulid Nabi dan 100 hari Habib Ali bin Husein al Jufry, beliau juga meresmikan Maqbaroh Habib Ali Al-Jufry," ungkap Habib Farid, keponakan Habib Husein.

 

Dituturkan Habib Farid, maqbaroh yang diresmikan Gus Ali Sidoarjo merupakan maqbaroh keluarga Al-Jufry di daerah Sumberrejo Bojonegoro. Mengingat wafat Habib Ali aljufry waktu itu membuat kaget banyak orang karena beliau masih muda.

 

Selain itu aktivitas dan keseharian Habib Ali Al Jufry banyak dihabiskan untuk dunia pendidikan, bahkan almarhum Habib Ali aktif bergerak di bidang dakwah bersama Aswaja NU Center Bojonegoro. Sebelum wafat, Habib Ali mempunyai keinginan agar sebidang tanah disebelah rumahnya dijadikan pesantren.

 

"Karena keinginan tersebut belum terwujud, pihak keluarga bermusyawarah dan sepakat menjadikan tanah milik Habib Ali dijadikan maqbarah dan destinasi wisata religi Bojonegoro, agar kemanfaatan bisa dirasakan oleh banyak masyarakat," pungkas Bib Farid, yang juga Ketua Zahir Mania Bojonegoro dan Pembina Abbaabul Musthofa.[zid/lis]

Tag : Makam, habib, yik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini