Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berkat RPL, Kepala Desa Bisa Kuliah Hingga Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri

blokbojonegoro.com | Monday, 07 March 2022 13:00

Berkat RPL, Kepala Desa Bisa Kuliah Hingga Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri

 

 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Selain infrastruktur jalan di Bojonegoro sudah Nglenyer. Pemkab Bojonegoro terus meningkatkan pembangunan. Diantaranya inovasi pada bidang Pendidikan Tinggi bagi pegiat desa, yakni kerjasama antara Pemda dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi KemenPDTT.

Program di bidang pendidikan tersebut berupa beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) desa. Berdasarkan data terbaru, per tanggal 6 Maret 2022. RPL sendiri diikuti oleh 361 pendaftar dari 419 Desa.

Para pendaftar RPL desa tersebut. Diantaranya, Kepala Desa, Perangkat Desa, Pengelola BUMDesa maupun BUMDesma, BPD dan Pendamping Profesional PLD. Mereka bahkan tersebar dengan pemilihan kampus Universitas Negeri Surabaya/UNESA sebanyak 742 pendaftar dan kampus Universitas Negeri Yogyakarta/UNY sebanyak 510 pendaftar.

Kepala Desa Mojo, Kalitidu, Anik Umiyatun yang juga ikut mendaftar RPL desa menyampaikan bahwa program beasiswa RPL Desa ibarat program Nglenyer di bidang pendidikan. Inovasi dan gebrakan program Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah visioner dan manfaatnya merata ke semua lapisan masyarakat.

"Jalan kan sudah Nglenyer, sekarang di bidang pendidikan juga Ngelenyer . Terima kasih Bu Anna, saya bisa ikut program RPL Desa untuk menambah ilmu dan wawasan. Dan mengambil program studi Admistrasi Negara," ujar Kepala Desa Mojo, Anik Umiyatun.

Sementara itu menurut Kepala Desa Klino Kecamatan Sekar, Dwi Nurjayanti juga sependapat bahwa program beasiswa RPL Desa adalah nglenyer di bidang pendidikan dan sangat membantu para pegiat desa meningkatkan ilmu dan pengetahuan. Ia nampak sangat semangat mendaftar beasiswa RPL Desa dengan mengambil jurusan administrasi publik di UNY.

"Nglenyer jadi Sarjana berkat beasiswa RPL desa. Alhamdulillah cukup menempuh waktu dua tahun sudah mendapat gelar Sarjana, harapan saya ilmu dari bangku perkuliahan bisa untuk bekal pengabdian di desa," pungkasnya.

Perlu diketahui, dari data DPMD tercatat pendaftar RPL Desa mencapai 1.252 calon Mahasiswa. Sementara total penerima beasiswa yang telah ditangani Dinas Pendidikan sebanyak 1.337 Mahasiswa.

Adapun total penerima manfaat beasiswa RPL Desa dan beasiswa di Dinas Pendidikan yang di danai dari APBD Bojonegoro sebanyak 2.589 Mahasiswa. [liz/lis]

 

Tag : Rpl, perangkat, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini