19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |   07:00 . Anak Muda Sering Overthinking Bisa Bikin Aritmia? Begini Kata Dokter   |   20:00 . Puluhan Pendekar PSHT Semanding Lakukan Donor Darah   |   19:00 . Awal Februari 2023, Gedung DPRD Bojonegoro Akan Diresmikan   |   18:00 . Gedung Baru DPRD Bojonegoro Rampung, Tiap Anggota Miliki Ruang Sendiri   |   17:00 . Kesiapan PAUD Menghadapi Kurikulum Merdeka   |   15:00 . Angka Pengganguran Terbuka Naik Tiap Tahun di Bojonegoro, Capai 2.063   |   13:00 . Berkah Imlek, Perajin Jenang Ayu Kebanjiran Orderan Dadakan   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berkat RPL, Kepala Desa Bisa Kuliah Hingga Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri

blokbojonegoro.com | Monday, 07 March 2022 13:00

Berkat RPL, Kepala Desa Bisa Kuliah Hingga Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri

 

 

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Selain infrastruktur jalan di Bojonegoro sudah Nglenyer. Pemkab Bojonegoro terus meningkatkan pembangunan. Diantaranya inovasi pada bidang Pendidikan Tinggi bagi pegiat desa, yakni kerjasama antara Pemda dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi KemenPDTT.

Program di bidang pendidikan tersebut berupa beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) desa. Berdasarkan data terbaru, per tanggal 6 Maret 2022. RPL sendiri diikuti oleh 361 pendaftar dari 419 Desa.

Para pendaftar RPL desa tersebut. Diantaranya, Kepala Desa, Perangkat Desa, Pengelola BUMDesa maupun BUMDesma, BPD dan Pendamping Profesional PLD. Mereka bahkan tersebar dengan pemilihan kampus Universitas Negeri Surabaya/UNESA sebanyak 742 pendaftar dan kampus Universitas Negeri Yogyakarta/UNY sebanyak 510 pendaftar.

Kepala Desa Mojo, Kalitidu, Anik Umiyatun yang juga ikut mendaftar RPL desa menyampaikan bahwa program beasiswa RPL Desa ibarat program Nglenyer di bidang pendidikan. Inovasi dan gebrakan program Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah visioner dan manfaatnya merata ke semua lapisan masyarakat.

"Jalan kan sudah Nglenyer, sekarang di bidang pendidikan juga Ngelenyer . Terima kasih Bu Anna, saya bisa ikut program RPL Desa untuk menambah ilmu dan wawasan. Dan mengambil program studi Admistrasi Negara," ujar Kepala Desa Mojo, Anik Umiyatun.

Sementara itu menurut Kepala Desa Klino Kecamatan Sekar, Dwi Nurjayanti juga sependapat bahwa program beasiswa RPL Desa adalah nglenyer di bidang pendidikan dan sangat membantu para pegiat desa meningkatkan ilmu dan pengetahuan. Ia nampak sangat semangat mendaftar beasiswa RPL Desa dengan mengambil jurusan administrasi publik di UNY.

"Nglenyer jadi Sarjana berkat beasiswa RPL desa. Alhamdulillah cukup menempuh waktu dua tahun sudah mendapat gelar Sarjana, harapan saya ilmu dari bangku perkuliahan bisa untuk bekal pengabdian di desa," pungkasnya.

Perlu diketahui, dari data DPMD tercatat pendaftar RPL Desa mencapai 1.252 calon Mahasiswa. Sementara total penerima beasiswa yang telah ditangani Dinas Pendidikan sebanyak 1.337 Mahasiswa.

Adapun total penerima manfaat beasiswa RPL Desa dan beasiswa di Dinas Pendidikan yang di danai dari APBD Bojonegoro sebanyak 2.589 Mahasiswa. [liz/lis]

 

Tag : Rpl, perangkat, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more