Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Banjir, Kali Ingas Dinormalisasi Sepanjang 2 Km

blokbojonegoro.com | Friday, 03 June 2022 18:00

Antisipasi Banjir, Kali Ingas Dinormalisasi Sepanjang 2 Km

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Antisipasi terjadinya banjir dari tanggul jebol serta mengembalikan fungsi tanggul, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumber Daya Air (SDA) melakukan normalisasi Kali Ingas yang ada di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Kepala DPU SDA Bojonegoro, Erik Firdaus mengatakan, anak sungai Bengawan Solo di Kecamatan Kanor tersebut akan dilakukan normalisasi sepanjang 2 kilometer. Tanah di dasar sungai dikeruk menggunakan alat berat ekskavator, serta tanggul sungai dilebarkan menjadi tiga meter.

"Selama ini tanggul kali setempat sudah beralih fungsi, seperti ditanami pepohonan hingga dikeruk tanahnya untuk menguruk sawah. Ini yang menyebabkan tanggul semakin kecil dan mudah jebol apabila ada kiriman air," ungkap Erik Firdaus.

Dia mengatakan, tanggul sepanjang Kali Ingas yang berada di Desa Kedungprimpen, berbatasan dengan Desa Pomahan, Kecamatan Baureno tersebut titik lebarnya hanya tinggal 1 meter. Hal itu dikarenakan terjadi longsor hingga dikeruk oleh warga yang memiliki lahan persawahan di dekat areal tanggul. "Selain kita lebarkan menjadi tiga meter juga kita tinggikan tanggulnya, agar saat ada kiriman air tidak jebol seperti tahun lalu," ucapnya.

Erik juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar setelah dilakukan normalisasi, juga turut bergerak merawat tanggul Kali Ingas. Serta beberapa imbauan lain, di antaranya warga dilarang menanami jenis pohon apapun.

"Termasuk yang menyebabkan tanah tanggul mudah keropos dan longsor saat kali sedang banjir. Tanggul tidak boleh ditanami apapun serta tidak boleh dikeruk ke sawah," imbuhnya.

Selanjutnya, normalisasi Kali Ingas ini sudah dilakukan oleh DPU SDA Bojonegoro sejak beberapa hari terakhir. Di antaranya dua ekskavator dikerahkan untuk mengeruk tanah di kanan-kiri tanggul. "Pepohonan seperti waru, bambu, gempol hingga tanaman pisang yang berada di atas tanggul langsung dirobohkan oleh petugas dengan alat berat," tutupnya. [liz/lis]

Tag : banjir, tanggul, kali



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini