Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PMK Ternak Menyebar, Satu Kecamatan Masih Aman

blokbojonegoro.com | Friday, 10 June 2022 10:00

PMK Ternak Menyebar, Satu Kecamatan Masih Aman

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur terus meluas, dari 28 kecamatan di Kota Migas masih ada satu kecamatan yang belum terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yaitu Kecamatan Gondang.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Bambang Sutopo mengatakan, lebih dari 600 sapi di Kabupaten Bojonegoro terjangkit PMK yang tersebar di 27 kecamatan, dan hingga saat ini Kecamatan Gondang masih aman belum ada yang terjangkit penyakit.

"Di Kecamatan Gondang sementara ini masih nihil hewan ternak yang terjangkit PMK," ungkapnya.

Dari data yang dihimpun Disnakkan Kabupaten Bojonegoro, per tanggal 7 Juni ada 643 sapi yang terjangkit PMK, dari jumlah tersebut tersebar di 27 kecamatan dengan total 127 desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Dinas terus mengupayakan penanganan untuk mencegah penyebaran penyakit ini, salah satunya yaitu dengan menyemprotkan disinfektan, tak terkecuali Kecamatan Gondang, meski hingga saat ini belum ada konfirmasi, dinas akan tetap memantau kondisi di sana.

"Sampai hari ini, satgas penanganan PMK Bojonegoro masih terus bekerja dan berusaha untuk menekan penyebaran PMK agar tidak semakin meluas," ujarnya.

Dinas menghimbau masyarakat tetap tenang dan selalu waspada adanya PMK, beberapa upaya pencegahan dapat dilakukan oleh pemilik hewan ternak, yakni seperti penyemprotan disinfektan di kandang ternak, untuk mengantisipasi agar sapi tidak terjangkit PMK. [riz/mu]

Tag : Penyakit mulut dan kuku, hewan ternak, pmk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini