Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pasar Hewan Sudah Buka, 1097 Kasus PMK Terkonfirmasi di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 26 June 2022 12:00

Pasar Hewan Sudah Buka, 1097 Kasus PMK Terkonfirmasi di Bojonegoro

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Pasar Hewan di Kabupaten Bojonegoro akhirnya kembali dibuka, usai ditutup serentak selama 14 hari, tepatnya pada 1-14 Juni lalu. Ditutupnya pasar tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran PMK di Kabupaten Bojonegoro.

"Beberapa hari ini sudah buka, namun dengan pengawasan yang ketat, terutama hewan yang akan masuk pasar. Kemudian, setelah selesai, lokasi pasar juga disterilisasi dengan desinfektan," ungkap Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Bambang Sutopo.

Sedangkan, kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hingga per tanggal 24 Juni kemarin, terdapat 1097 kasus hewan ternak yang terkonfirmasi.

Sementara, dalam 1097 kasus itu tersebar dalam 28 Kecamatan dan 181 Desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro, padahal sebelumnya masih terdapat satu kecamatan yang belum terjangkit penyakit ini, yakni Kecamatan Gondang.

"Tiga desa di Kecamatan Gondang sekarang terdapat 25 kasus hewan yang terkonfirmasi terkena PMK, tiga desa itu yakni Desa Pajeng, Senganten dan Gondang," ujarnya.

Sedangkan, hingga saat ini hanya terdapat tujuh sapi yang mati akibat terkena PMK, yang tersebar di 2 Kecamatan Kalitidu dan 1 lainnya di Kecamatan Gayam, Sukosewu, Trucuk, Kalitidu dan Sumberrejo.

Diberitakan sebelumnya, pihaknya juga tengah mengajukan dana tambahan ke Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk pembelian obat tersebut, karena dana untuk pembelian obat ini masuk dalam kategori Belanja Tidak Terduga (BTT) atau pengeluaran anggaran yang tidak direncanakan atau diharapkan.

"Disnakkan Bojonegoro saat ini mengajukan BTT ke Bupati Bojonegoro, karena memang kondisi wabah tersebut semakin darurat dan sudah dibenarkan oleh aturan," ujar Bambang, Sabtu (11/6/2022) lalu. [riz/lis]

 

 

Tag : Kambing, sapi, pasar, hewan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini