16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terpilih Jadi Ketua PP Fatayat NU, Ini Sosok Margaret Aliyatul Maimunah

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 July 2022 13:00

Terpilih Jadi Ketua PP Fatayat NU, Ini Sosok Margaret Aliyatul Maimunah Sumber foto: NU Online

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Kongres Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) diselenggarakan di Jakabaring Sport City, Palembang pada 14-17 Juli 2022. Pada acara kali ini, peserta kongres memilih secara aklamasi nahkoda Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU dipegang oleh Margaret Aliyatul Maimunah. Perempuan kelahiran Jombang, 11 Mei 1978 itu terpilih menggantikan ketua sebelumnya, Anggia Ermarini. 

Sebagai keluarga pesantren, perempuan yang akrab disapa Mbak Margaret itu banyak menimba ilmu di Pondok Pesantren Denanyar Jombang (MI-MTs-MAN) pada tahun 1991,1994, dan 1997. Dari lembaga ini pula, perempuan lulusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN yang sekarang berganti Universitas Islam Negeri) Sunan Ampel Surabaya belajar banyak tentang organisasi melalui organisasi siswa, kegiatan Pramuka dan olahraga. 

Pengalaman berorganisasi saat menempuh pendidikan tingkat SMA membuatnya ketagihan sehingga dia pun melanjutkan aktivitas ini saat kuliah di Surabaya dengan menjadi Ketua Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Putri (Korpri PMII) Rayon Adab (2000-2001). Dan menjadi Ketua Rayon PMII Adab Cabang Surabaya Selatan (2001-2002).

Putri kedua dari pasangan KH Mohammad Faruq dan Hj Lilik Chodijah Aziz Bisri ini tidak hanya aktif dalam PMII tapi juga aktif berorganisasi pada Banom NU, IPPNU. Bahkan, ketika tahun 1999-2001, dia menjabat sebagai Bidang Minat dan Bakat Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PW IPPNU) Jatim dan pernah pula diamanahi sebagai Bendahara II PW IPPNU Jatim. Bahkan karena keaktifannya di IPPNU akhirnya tahun 2009 dia dipercaya menjadi Ketua PP IPPNU hingga tahun 2012 setelah periode sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris PP IPPNU.

Capaian-capaiannya dalam berorganisasi serta pengalamannya dalam organisasi yang fokus pada perempuan membuatnya memiliki perhatian lebih terhadap isu-isu terkait perempuan dan anak. Usai purna dari kepengurusan PP IPPNU, Margaret pun mulai terjun pada Badan Otonom NU, Fatayat, sebagai Wakil Koordinator Bidang Ekonomi, tahun 2009-2015 kemudian diamanahi sebagai Sekretaris Umum PP Fatayat NU pada periode selanjutnya yakni 2015-2020 dan terpilih sebagai Ketua Umum PP Fatayat NU untuk periode lima tahun ke depan pada Kongres ke XVI Fatayat. 

Sebagai Ketua PP Fatayat NU terpilih, dalam wawancara TVNU Margaret berkomitmen untuk menguatkan sistem kaderisasi dan kelembagaan Fatayat NU dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi sebagai strategi dakwah Fatayat NU. 

"Saya memiliki keterbatasan wewenang, berbeda dengan ketum sebagai pemegang kebijakan utama. Sehingga, saya yang saat ini sudah menjadi sekum (sekretaris umum), terdorong untuk menjadi ketum. Harapannya ingin berbuat lebih,” paparnya, 

Dia berharap, karena Fatayat NU merupakan organisasi perempuan NU sebagai organisasi keagamaan, maka perlu penguatan organisasi agar jadi sumber rujukan utama pengetahuan Islam yang konsen pada perempuan dan anak.

"Melalui ini kita bisa membuat kader memahami organisasinya, bergerak untuk penguatan organisasinya, meningkatkan komitmen sehingga bisa membentuk kader yang militan," ujarnya. 

Kemudian, Margaret juga menyinggung masalah pentingnya sumber rujukan keislaman, utamanya pada kajian anak dan perempuan. Ia berpendapat, perlu adanya penguatan terkait beberapa isu perempuan dan anak terkini yang dapat dikaji melalui forum bahtsul masail. Hal tersebut, lanjut dia, dinilai dapat menguatkan peran Fatayat NU sebagai rujukan terkait isu terkait.

“Kita hampir tidak pernah ada bahtsul masail untuk beberapa isu perempuan era kekinian yang itu perlu ditelaah dari perspektif kekinian. Ini penting selanjutnya menguatkan kembali Fatayat menjadi sumber rujukan Islam terkait perempuan dan anak,” katanya. 

Maka, dia berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang sebelumnya terkait kesehatan reproduksi, penguatan kemandirian ekonomi perempuan serta dakwah melawan radikalisme. [lis]

 

Tag : Kongres, Fatayat, NU, Margaret



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat