22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Alasan Mengapa Setiap Tanggal 14 Pakai Seragam Pramuka

blokbojonegoro.com | Monday, 14 November 2022 13:00

Ini Alasan Mengapa Setiap Tanggal 14 Pakai Seragam Pramuka

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Ir. Soekarno berkata bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Bahkan Pramuka atau Praja Muda Karana yang berasal dari organisasi kepanduan ini dibesarkan oleh para pahlawan bangsa Indonesia.

Diantaranya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr. A. Azis Saleh, dan Achmadi. Mereka berempat inilah yang mendapatkan tugas dan wewenang menyusun Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pada tahun 1961.

Dilansir dari Urbanbogor.com, Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang merupakan pahlawan nasional yang turut berjasa mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia adalah Bapak Pramuka Indonesia. Sifatnya yang sesuai dengan Dasa Darma Pramuka itu menjadikannya teladan di organisasi ini.

Ia menciptakan Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka berdasarkan nilai-nilai luhur nenek moyang bangsa Indonesia. Menurutnya, Dasa Darma dan Tri Satya adalah kode etik yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota pramuka di mana pun berada.

"Pramuka seperti halnya gerakan kepanduan dan Hizbul Wathon mengajarkan kemandirian sejak dini, pembentukan akhlak, adab dan budi pekerti luhur yang sesuai dengan budaya Indonesia," ulasnya.

Sebelum resmi menjadi gerakan pramuka, organisasi kepanduan telah lama ada di tanah air. Tepatnya sejak tahun 1912. Tokoh-tokoh yang besar dari kepanduan di antaranya adalah Jenderal Sudirman, dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Pada tahun 1960, MPRS mengeluarkan ketetapan untuk mengubah dan mereorganisasi kepanduan agar lebih nasionalis. Perubahan pada sistem kepanduan pun lantas dilakukan pada tanggal 9 Maret 1961. "Dengan dibentuknya panitia khusus yang terdiri dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr. A. Azis Saleh dan Achmadi," tambahnya. 

Selain nama organisasi yang diganti metode, sistem pendidikan pun ikut diubah dan disesuaikan dengan visi misi bangsa Indonesia dalam bernegara dan bermasyarakat. Pramuka menjadi induk organisasi baru hasil leburan dari seluruh organisasi kepanduan di tanah air pada 30 Juli 1961.

Bertempat di Istana Negara, Jakarta, pelantikan Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional), Kwarnas (Kwartir Nasional), dan Kwarnari dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 1961.

"Inilah alasan mengapa setiap tanggal 14 seluruh ASN dan KORPRI berkewajiban menggunakan seragam pramuka. Dan setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia," tutupnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Alasan, Pramuka, baju



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat