Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Akses Bojonegoro-Nganjuk Diputus

Petugas Terjunkan Penyelam untuk Bersihkan Saluran Waduk Pacal

blokbojonegoro.com | Friday, 25 November 2022 10:00

Petugas Terjunkan Penyelam untuk Bersihkan Saluran Waduk Pacal

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Bojonegoro membuat tinggi muka air (TMA) Waduk Pacal di Kecamatan Temayang meluap. Pasalnya, debit air di waduk tersebut melebihi ambang batas.

Selain itu, hal tersebut membuat jalur alternatif Jembatan Kedungjati yang tengah dibangun harus diputus. Karena seharusnya pintu air waduk pacal sudah dibuka, akan tetapi pintu air di Waduk Pacal mengalami kemacetan, sehingga tidak bisa dibuka dan terpaksa membuat aliran baru dengan memutus jalur alternatif Bojonegoro Nganjuk tersebut.

Menurut Purnomo selaku Penanggung Jawab Pelaksana Rekanan yang mengerjakan Jembatan Kedungjati, ketinggian air waduk pacal kemarin sudah melampaui ambang batas. Jika tidak dilakukan seperti itu akan membahayakan masyarakat sekitar Waduk.

“Selain itu, kami juga telah berupaya dengan menerjunkan penyelam, untuk memperbaiki saluran pembuangan air di dasar waduk, karena terdapat sampah sampah yang menyumbat saluran,” papar Purnomo kepada blokBojonegoro.com, Jum'at (25/11/2022).

Sebelumnya diberitakan, BPBD Bojonegoro menyebutkan, Tinggi Muka Air (TMA) waduk Pacal Desa Kedungsari Kecamatan Temayang, diambang batas ketinggian di 116 yang seharusnya pintu air sudah dibuka, akan tetapi pintu air di Waduk Pacal macet sehingga tidak bisa membuka pintu air dan tidak bisa mengendalikan luapan air di Waduk Pacal.

Maka dari itu, BPBD berkoordinasi dengan BBWS, PU SDA, UPT Bina Marga Jatim, Polres Bojonegoro, dan Dishub Bojonegoro, adapun saran yang diberikan BPBD yakni pembukaan secara paksa pintu air waduk pacal.

Kemudian, membongkar Spillway pada pembangunan jembatan di Desa Kedungsari yang saat ini masih dalam proses pengerjaan yang berdampak pada penutupan arus lalin dari Bojonegoro ke Nganjuk dan sebaliknya.

Selanjutnya, BPBD juga menyarankan agar membuat sudetan air menuju ke Waduk Pacal. Di samping itu, TRC BPBD diterjunkan di lokasi guna antisipasi luberan air. [riz/mu]

 

Tag : waduk pacal bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini