21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Fri, 14 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Guru Nasional, Kenapa Diperingati tanggal 25 November?

blokbojonegoro.com | Friday, 25 November 2022 08:00

Hari Guru Nasional, Kenapa Diperingati tanggal 25 November?

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Hari ini tepatnya 25 November 2022, di media sosial banyak bertebaran twibbon ucapan Hari Guru Nasional. Para orang tua pun banyak yang sibuk mempersiapkan kejutan bagi guru-guru di sekolah anak mereka masing-masing. 

Lalu, sebenarnya kapan sih awal Hari Guru diperingati? Dan bagaimana sejarahnya?

Dari rangkuman awak bB berdasarkan situs resmi PGRI, Hari Guru tercipta berdasarkan semangat guru dimulai ketika memperjuangkan kedaulatan Indonesia. Awalnya organisasi ini mulanya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini didirikan pada 1912 dengan anggota guru bantu, guru desa, kepala sekolah, sampai pemilik sekolah dari latar pendidikan yang berbeda-beda.

Seiring berjalannya waktu, bermunculan organisasi-organisasi guru lain yang tersebar di Indonesia yang akhirnya bersatu dalam satu wadah bernama Persatuan Guru Indonesia (PGI) tepatnya tahun 1932. PGI merupakan gabungan dari 32 organisasi guru yang ada di Nusantara.

Jelas saja, gebrakan baru dari para guru ini mencengangkan pihak Belanda. Namun, akhirnya organisasi ini terhenti saat Jepang mulai masuk Indonesia dan melarang organisasi bahkan menutup sekolah. Usai diproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, PGI kembali bangkit dengan melakukan korngres di Surakarta.

Kongres yang menyatukan berbagai organisasi, serta tanpa batas sekat pandangan dan menyepakati nama baru PGI yang diubah menjadi PGRI. 

Kelahiran PGRI yang mencerminkan semangat para guru nasional ini menjadi latar belakang sejarah Hari Guru Nasional 25 November yang sampai saat ini terus dirayakan.

Dari sejarahnya, terungkap PGRI tidak hanya mengabdi di bidang pendidikan tapi juga bersemangat mengisi kemerdekaan bahka hingga saat ini mereka bersemangat untuk mendidik, mengajar dan mengasuh generasi bangsa hingga menjadi sumber daya manusia yang kompeten di tengah derasnya arus persaingan global. [lis]

Tag : Hari guru, nasional, peringatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat