15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Tue, 23 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Qiyamul Lail 10 Hari Akhir Ramadhan

Masjid Al Akbar Surabaya Siapkan 99 Relawan GenZi Layani Jamaah

blokbojonegoro.com | Monday, 10 April 2023 20:00

Masjid Al Akbar Surabaya Siapkan 99 Relawan GenZi Layani Jamaah

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Mulai Rabu (12/4/2023) dinihari bertepatan dengan Malam 21 Ramadhan, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan mengadakan Qiyamul Lail 10 Akhir Ramadan.

"Tahun ini, inovasi terbaru untuk melayani jamaah, Masjid Al Akbar dibantu 99 relawan GenZi (Generasi Z Islami) yang bertugas menjadi among tamu dan guide," ujar Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar, di Surabaya, Senin (10/4/2023).

Helmy menambahkan, para relawan GenZi itu akan dibekali ID Card dan Bimtek agar mereka bisa menjadi among tamu yang baik.

"Yang membanggakan, peminat para GenZi untuk menjadi relawan Qiyamul Lail sangat tinggi. Insyaallah baru kali di Indonesia ada Relawan GenZi untuk Qiyamul Lail," imbuhnya.

Untuk Qiyamul Lail 10 Hari Akhir Ramadan, Helmy menjelaskan ada 2 imam qiyamul lail yang bertugas secara bergantian setiap 2 hari sekali, yakni KH Abdul Hamid Abdullah SH dan KH Ahmad Muzakky Alhafidz.

Qiyamu lail akan berlangsung mulai pukul 01.00 - 01.30 WIB dengan agenda Tausiyah, Dzikir dan Muhasabah. Pukul 01.30 - 03.00 WIB dilaksanakan Sholat Tahajud 4 rokaat 2 salam, Sholat Tasbih 4 rokaat 2 salam, sholat hajat 2 rokaat dan diakhiri dengan sujud syukur.

Qiyamul lail selesai pukul 03.00 WIB, lalu jamaah melaksanakan makan sahur. "Mengingat ketersedian sahur yang terbatas, kami mengimbau agar jamaah membawa bekal sendiri," ujar Helmy.

Selain relawan GenZi, Masjid Al Akbar menerbitkan Peta Qiyamul Lail yang berisi klasterisasi jamaah dan akses masuknya, untuk kelancaran dan kenyamanan ibadah qiyamul lail. Untuk jamaah perempuan berada di zona C, D dan G, sedangkan akses masuknya melalui pintu nomor 2, 5, 19, 21 dan 22.

Untuk jamaah pria berada di zona A dan B, sedangkan akses masuknya melalui lorong antara pintu 5 dan 6, lorong antara pintu 41 dan 44 serta pintu 23, 25, 41 dan 44. Untuk jamaah keluarga (ayah, ibu dan anak), pihaknya menyiapkan di zona E dan F atau kawasan air mancur.

"Kami juga menyiapkan posko kesehatan, paramedis dan ambulans untuk jamaah yang memerlukan. Posko kesehatan berada di area air mancur, ada dokter dan para medis serta ambulans," pungkasnya. [ito]

Tag : masjid al akbar, surabaya, ramadan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat