Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diprediksi Musim Penghujan di Bojonegoro Mulai Akhir November

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 August 2023 15:00

Diprediksi Musim Penghujan di Bojonegoro Mulai Akhir November

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tuban, memprediksi musim kemarau tahun 2023 ini diperkirakan terjadi hingga awal November. Hal ini ditunjukan dengan fenomena El-Nino yg diperkirakan terjadi hingga November.

Sedangkan indeks IOD positif diperkirakan terjadi hingga Oktober 2023. Sementara itu, puncak musim kemarau terjadi bulan Agustus - September 2023 (saat ini sedang berlangsung). 

"Kondisi kekeringan ini juga dapat berujung kepada bencana karhutla yang jika tidak terkendali dapat menimbulkan krisis kabut asap. Dan tentu berdampak pada kualitas lingkungan, ekonomi, sosial, hingga kesehatan masyarakat," ungkap Zem Irianto Padama selaku Kepala Stasiun BMKG Tuban. 

Disinggung terkait peluang turun hujan di musim kemarau, untuk wilayah Bojonegoro dan Tuban, menurut pantauan BMKG Stasiun Tuban masuk kategori sangat rendah atau hanya 20 mm.

Berdasarkan monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) juga terjadi secara berturut-turut di Jawa Timur. Yang mana, pada umumnya sangat panjang dan berisiko mengalami kekeringan ekstrem terjadi di beberapa Kabupaten/Kota. 

"Termasuk Bangkalan, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Jombang, Madiun, Mojokerto, Nganjuk, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya dan Situbondo," ucapnya. 

Sementara itu, wilayah Bojonegoro masuk dalam kategori sangat panjang yaitu sekitar 31 - 60 hari, tanpa hujan berturut-turut.

"Awal musim hujannya diperkirakan pada November 2023. Bahkan kemungkinan bisa mundur pada November, dasarian 3 atau awal Desember," bebernya. [liz/lis]

 

Tag : Kekeringan, Bojonegoro, kemarau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini