09:00 . Peserta Lomba Baca Kitab dari Madura, Jember hingga Trenggalek   |   22:00 . 100 Peserta Lomba Baca Kitab Se Jatim Siap Bersaing   |   21:30 . Penuh Sesak Pengunjung Saat   |   20:00 . Pentas Seni Meriahkan Bazar Alumni Attanwir   |   15:00 . Tangis Haru Warnai Purnawiyata di SDN Sekaran   |   13:00 . SATGAS KESEHATAN ATTANWIR Laksanakan Khitan   |   12:00 . 100 Anak Ikuti Khitanan Massal IKAMI ATTANWIR   |   11:00 . Dokter Spesialis Kesehatan jiwa RSUD Bojonegorp Bagi Tips Hidup Sehat Jauh dari Narkoba   |   10:00 . Cerita Utami Nasabah BRI Bojonegoro, Terlanjur Jatuh Hati Pilihkan Tabungan Masa Depan Anak Lewat BRI Junio   |   09:00 . KUR BRI Bojonegoro Dorong Kemajuan Klaster Petani Melon   |   08:00 . Harapkan Kerjasama Yang Baik, 18 Pantarlih Desa Tanjungharjo Dilantik   |   07:00 . 280 Kades Diperiksa Dugaan Korupsi Mobil Siaga: Kerugian Negara Terkumpul Rp3,1 Miliar   |   22:30 . 100 Anak Besok Pagi Ikuti Khitanan Massal   |   22:00 . Berjubel di Stand Bazar Alumni Attanwir   |   21:30 . Ribuan Pengunjung Padati Fesban   |  
Wed, 26 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terapkan Peternakan dan kehutanan Sistem Agroforestri, Sulistyo Raih Juara Pertama Pemuda Pelopor Jawa Timur Bidang Pangan

blokbojonegoro.com | Monday, 17 June 2024 09:00

Terapkan Peternakan dan kehutanan Sistem Agroforestri, Sulistyo Raih Juara Pertama Pemuda Pelopor Jawa Timur Bidang Pangan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Terkait keikutsertaan dalam ajang Pemuda Pelopor Bidang Pangan, Pemuda asal Kecamatan Bubulan, Sulistiyo Nurul Cahyanto mengaku bahwa ia sempat diberikan informasi oleh Kepala Desa dan disambangi oleh Camat Bubulan, Enggarini Mukti. Dari sinilah terjalin diskusi panjang yang membuatnya sedikit memahami dan tertarik dengan Pemuda Pelopor.

Pada bulan April 2024 lalu, Sulistyo menjadi Juara Terbaik 1 Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Bidang Pangan. Berikutnya, Sulistyo mengikuti Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur, mulai seleksi wawancara pada 11 Mei 2024 lalu. Dan dirinya dinyatakan lolos 6 besar, dan maju tahap selanjutnya yakni Fact Finding atau penilaian lapangan, yang dilakukan oleh tim penilai dari Jatim ke tempat aktivitasnya sebagai Pemuda Pelopor pada Senin (27/5/2024).

"Akhirnya saya mengikuti rangkaian seleksi Pemuda Pelopor dan dari tahapan demi tahapan seleksi itulah menjadi lebih mengerti. Kedua karena hal ini sejalan dengan apa yang telah saya tekuni sejak tahun 2015, yaitu peternakan kambing," cerita Pemuda Pelopor Bojonegoro Bidang Pangan 2024.

Kelompok inilah yang kemudian menjadi rumah belajar bagi para anggota tentang pengembangan usaha peternakan. Dan memiliki visi, Muda Berkarya Berjaya di Desa, artinya sebagai seorang pemuda kita hendaklah mampu kreatif, inovatif serta mampu memberikan karya nyata yang dapat memberikan manfaat pada lingkungan. Sehingga mampu mencapai hidup bahagia dan sejahtera meskipun hidup di desa.

"Mengembangkan usaha peternakan selama 9 tahun itu tidak mudah. Dan Alhamdulillah Kelompok Tani Ternak Srono Makmur masih tetap eksis. Selain melakukan banyak perubahan di sektor peternakan, juga memberikan wajah baru dalam pengelolaan pakan, pengolahan limbah dan sistem beternak secara modern,"ujarnya.

Kelompok ternak Srono Makmur mengintegrasikan bahwa peternakan, pertanian dan kehutanan. Terutama lewat Kelompok Ternak Srono Makmur yang bekerjasama dengan LMDH Jati Barokah, dalam pengembangan pakan ternak dalam wilayah hutan atau kawasan perhutani.

Di lahan inilah Kelompok Ternak Srono Makmur menerapkan program agroforestri sistem silvopastura, yang mana kelompok ternak memadukan antara tanaman pakan, tanaman pertanian dan tanaman kehutanan dalam satu kawasan. Hal ini merupakan suatu trobosan yang luar biasa, karena Desa Sumberbendo merupakan desa dengan 80% wilayah desanya merupakan wilayah hutan.

"Rata-rata masyarakat bergantung pada hasil hutan. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang tidak berbanding lurus dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat, akhirnya masyarakat sangat bergantung pada hutan," ujarnya. 

Berdasarkan informasi, dari Camat Bubulan Bojonegoro, Diah Enggarini Mukti, bahwa Sulistiyo Nurul Cahyanto sukses meraih juara pertama Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Timur bidang Pangan, dalam konsepnya hutan ini merupakan kawasan yang memiliki peranan penting dalam menjaga ekosistem. Akan tetapi kondisi hutan di Bojonegoro semakin berkurang disebabkan akibat deforestasi. 

"Kemudian membuat mas sulis dan pemuda-pemuda di Desa Sumberbendo tergerak mulai tahun 2015 untuk mengintegrasikan peternakan dan kehutanan dengan sistem agroforestri dan sylvopastura," sambung Camat Bubulan. 

Mereka kemudian memanfaatkan sela-sela tanaman tegakan untuk menanami HMT sebagai bank pakan, sehingga ketersediaan pakan ternak terjaga dan lahan hutan tetap lestari. Kegiatan ini terbukti memberikan dampak bagi peningkatan dan pendapatan pada kelestarian lingkungan. 

"Juga mengurangi angka pengangguran di desa, kami bangga sekali Mas Sulistyo yang berlatar belakang Sarjana Hukum ini bisa memperoleh Juara Pertama Bidang Pangan Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Timur 2024," pungkasnya. [liz/mu]

 

Tag : Pemuda, pemuda pelopor, inovasi pangan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat