Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Tawing, Desa Malingmati, Akhirnya Nikmati Kurban Sapi Sejak Indonesia Merdeka

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 June 2024 14:00

Warga Tawing, Desa Malingmati, Akhirnya Nikmati Kurban Sapi Sejak Indonesia Merdeka

Pengirim: Mohammad Rizal Affandy

blokBojonegoro.com - Dusun Tawing di Desa Malingmati, Kecamatan Tambakrejo yang terletak 41 km dari pusat Kota Bojonegoro, merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh kebahagiaan pada Senin, 17 Juni 2024. Menurut pengakuan warga setempat, warga dusun ini menikmati kurban sapi untuk pertama kalinya sejak Indonesia merdeka.

Dusun Tawing adalah salah satu dusun di Kecamatan Tambakrejo, yang mengalami kemunduran ekonomi. Letaknya di tengah areal persawahan dengan akses jalan yang sulit dilalui. Kondisi ekonomi yang terbatas menyebabkan setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha, dusun ini menerima hewan kurban 3-5 ekor kambing untuk dibagikan kepada warga.

Resma Edhi Satria, Manajer LMI Bojonegoro-Lamongan, yang juga merupakan panitia kurban pada hari ini menyampaikan bahwa sebanyak 1 ekor sapi berbobot 400 kilogram serta 5 ekor Kambing disembelih oleh panitia pada pukul 07:30. 

"Alhamdulillah, secara umum, pelaksanaan kurban pada tahun ini di Dusun Tawing berjalan lancar tanpa suatu hambatan yang berarti," ucap Resma pada Senin (17/06/2024).

Mbah Paerah, seorang warga Dusun Tawing sekaligus sesepuh di dusun tersebut, menyampaikan rasa syukurnya karena tahun ini bisa menikmati Hari Raya dengan mengkonsumsi daging sapi. 

"Lagek iki mas, nang kene onok qurban sapi sak jok aku lahir (baru kali ini, sejak saya lahir, ada kurban sapi di sini)," ujarnya dengan penuh kebahagiaan.

Pelaksanaan qurban di Dusun Tawing tahun ini diprakarsai oleh Bank Indonesia Jawa Timur yang bermitra dengan LMI. Didit Sulistiyanto, perwakilan dari Bank Indonesia Jatim, menjelaskan bahwa pihaknya mengetahui kondisi Dusun Tawing dari informasi yang disampaikan oleh LMI. 

Setelah melakukan survei, BI Jatim menyetujui pelaksanaan kurban di dusun ini. Dimana sebanyak 136 kepala keluarga telah menerima pembagian daging sapi dan kambing yang telah dikemas dalam wadah bambu.

Dengan adanya qurban sapi tahun ini, diharapkan dapat membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi warga Dusun Tawing dan menjadi momentum untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan sosial di daerah tersebut.  [lis]

Tag : warga, sapi, kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini