20:00 . Atasi Krisis Air Bersih di Bojonegoro, Cabup Setyo Wahono Siapkan Kartu Air   |   19:00 . Warga Bojonegoro Hasilkan Puluhan Juta Rupiah dengan Ternak Kambing Perah   |   18:00 . Pertamina EP Sukowati Field Zona 11 Regional Indonesia Timur Berinovasi Ciptakan Mesin Penyiang Rumput   |   16:00 . Gegara Korsleting Listrik, Rumah Warga Bojonegoro Ludes Terbakar   |   15:00 . Polisi Ringkus Puluhan Pasangan Bukan Suami Istri di Penginapan Bojonegoro   |   12:00 . Ombudsman RI Sebut Pelayanan Publik Pemkab Bojonegoro Masih Dibawah Standar   |   22:00 . Setyo Wahono Siapkan Langkah Strategis Atasi Kelangkaan Pupuk di Bojonegoro   |   17:00 . Dugaan Oknum Blokir Tanpa Persetujuan, BRI Bojonegoro Selesaikan Masalah di Agen BRILink   |   15:00 . Atasi Puso Berulang, Pertamina EP Sukowati Field Implementasikan Program SRI   |   13:00 . Bojonegoro Targetkan Jadi Role Model Keluarga Samawa   |   21:00 . Program Siswa Top Setyo Wahono-Nurul Azizah Bisa Kurangi Beban Pengeluaran Wali Murid   |   20:00 . Relawan WanNur Berikan Bantuan Sembako kepada Korban Bencana Puting Beliung di Mojodelik   |   18:00 . Musim Hujan di Bojonegoro Diprediksi Tiba Awal November, Puncaknya Januari-Februari   |   16:00 . Upaya Penuhi Standar WHO dan Kemenkes, Cabup Setyo Wahono Gagas Pembangunan Rumah Sakit Tipe A di Bojonegoro   |   15:00 . Operasi Zebra Dimulai di Bojonegoro, Berlangsung Selama Dua Pekan   |  
Fri, 18 October 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Intradiniyah, Solusi SMKS Muhammadiyah 4 Padangan Tingkatkan Kualitas Keagamaan Siswa

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 July 2024 07:00

Intradiniyah, Solusi SMKS Muhammadiyah 4 Padangan Tingkatkan Kualitas Keagamaan Siswa

Pengirim: Indah Permata sari

blokBojonegoro.com - SMKS Muhammadiyah 4 Padangan Kabupaten Bojonegoro menggelar kegiatan Intradiniyah, Rabu (24/7/2024), dengan fokus pada peningkatan kualitas keagamaan siswa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen sekolah untuk mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki bekal ilmu agama yang memadai.

Kepala SMKS Muhammadiyah 4 Padangan, Alif Burhanus Sholikhin menjelaskan, bahwa kegiatan Fullday Al-Quran telah dilakukan sejak tahun lalu dengan target semua siswa yang lulus mampu membaca Al-Quran dengan lancar.

Kegiatan mengaji tartil dilakukan setiap hari pada jam 09.00-09.30 pagi setelah sholat dhuha. "Setiap anak akan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah yang kompeten. Setiap ustadz mengampu maksimal 8 siswa untuk memastikan bimbingan yang optimal," ujar Alif.

Untuk tahun ini, sekolah meningkatkan kualitas keagamaan dengan jadwal yang lebih variatif. Kegiatan keagamaan diintensifkan dengan jadwal: Senin dan Rabu: Tartil Quran, Selasa: Menghafal Surat Pendek, Kamis: Menghafal Doa Harian, Jumat: Menulis Arab.

Diharapkan dengan kegiatan ini, siswa-siswi yang bersekolah di SMKS Muhammadiyah 4 Padangan akan mendapatkan bekal ilmu agama yang memadai. Hal ini penting karena pada tes awal perekrutan siswa, kemampuan keagamaan siswa beragam, mulai masih jilid 1 hingga Al-Quran.

Guru Penanggung Jawab Kelas Tahfidz, Aimatul Mukaromah, menyampaikan bahwa hasil dari tahun ajaran kemarin menunjukkan bahwa beberapa siswa sudah berhasil menghafal 15 Juz, 2 Juz, dan 1 Juz. "Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi," ujarnya penuh semangat.

Selain memberikan kemampuan ekstrakurikuler yang beragam, penanaman akhlak dan karakter juga menjadi fokus utama di era modern sekolah yang terletak di bagian barat kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ini.

Salah satu siswa, Rommy dari kelas XII TKR mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya terutama dalam memperdalam ilmu agama, terutama terkait membaca al-quran. "Selain mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler seperti setir mobil, bengkel mobil, pengelasan, KIR, bengkel motor, dan kultum, kami juga dibekali kemampuan agama yang memadai," ungkapnya penuh semangat.

SMKS Muhammadiyah 4 Padangan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, baik secara akademik maupun agama, agar dapat mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan zaman. [mu]

 

Tag : SMKS Muhammadiyah 4 Padangan, SMKS, SMK bojonegoro, siswa, siswa SMK



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat