Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Refleksi Hari Pramuka Bagi Siswa, Begini Pesan Kacabdin Pendidikan Bojonegoro-Tuban

blokbojonegoro.com | Thursday, 15 August 2024 07:00

Refleksi Hari Pramuka Bagi Siswa, Begini Pesan Kacabdin Pendidikan Bojonegoro-Tuban

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Peringatan Hari Pramuka ke-63 di tahun 2024 ini dirayakan dengan berbagai kegiatan oleh segenap lingkungan sekolah. Banyak hal yang menjadi refleksi dan penguatan karakter yang diperoleh siswa sejak di bangku sekolah dasar hingga tingkatan atas.

Tim blokBojonegoro.com berkempatan menemui Anggun Melisa Putri, salah satu siswa yang getol mengikuti Pramuka sejak duduk di bangku dasar. Menurutnya, selama ini mengikuti Pramuka dengan berbagai latihan yang dibalut kebersamaan, dirasanya banyak mendapat ilmu, pengalaman dan teman dalam beberapa event maupun kemah.

Di usianya yang kini masuk menjadi Pramuka Penegak, Anggun begitu semangat dalam beraktivitas di Pramuka. Apalagi banyak teman sejawatnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bojonegoro, juga tergabung dalam ekstrakurikuler Pramuka.

"Pramuka dapat membangun kreativitas, juga membentuk kedisiplinan. Kan kita di SMK, dengan ikut Pramuka kita dapat mengenal orang luar, banyak wawasan, dari situ kita dapat menjalin lebih erat silaturahmi dan persaudaraan," kisah Aggun yang juga sebagai Dewan Ambalan R.A Kartini Gugus Depan : 131-132 SMK Negeri 1 Bojonegoro.

Dara asal Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban itu juga mengulas suka duka di Pramuka. Yang dirasakannya, acap kali berkumpul dan berkenalan dengan orang baru memunculkan kesenangan tersendiri. Walaupun ia tahu pasti, namanya perjumpaan pasti ada perpisahan.

"Sukanya ya kalau kumpul dan kenalan dengan banyak orang pas kemah itu seru, menyenangkan. Gak ada dukanya sih, selalu senang. Mungkin ya dukanya saat kita harus berpisah dengan teman yang baru kita kenal," celotehnya.

Pada kesempatan yang sama, Pembina Pramuka SMK Negeri 1 Bojonegoro Arni Setyo Utami menerangkan sejumlah rangkaian acara yang telah diikuti anak didiknya sebelum peringatan Hari Pramuka disemarakkan. Diantaranya agenda kemah pada Apel Akbar dan Pelatihan Kepramukaan tingkat Penegak pada 6-9 Agustus 2024 lalu di area Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro.

"Alhamdulillah, anak-anak dapat menumbuhkan karakter dengan kegiatan yang asyik dan enjoy. Minggu lalu juga, kemah Apel Akbar di SMT dapat Juara 1 Lomba Masak dan Juara 3 Tapak Kemah," papar Bu Arni.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro-Tuban Hidayat Rahman mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-63 tahun 2024. Dengan semangat Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI, diharapkan menjadi tonggak generansi penerus, khususnya anak-anak SMA, SMK, SLB untuk terus melaksanakan kegiatan positif.

"Pramuka mengajarkan kepada kita tentang kecakapan hidup, bagaimana anak-anak pada saatnya nanti akan menjadi orang-orang yang ada di masyarakat, mungkin nanti duduk di pemerintahan atau dimana saja," ucap Hidayat Rahman kepada blokBojonegoro.com, Rabu (14/8/2024).

Kacabdin Pendidikan yang gemar wisata religi ini menegaskan, jika anak-anak dapat meneladani serta melaksanakan prinsip dari Dasa Darma berikut Tri Satya Pramuka, Insya Allah anak-anak akan sukses dunia akhirat.

"Nilai-nilai yang ada di dalam Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka mari kita pegang dan laksanakan. Kepada seluruh GTK (Guru Tenaga Kependidikan), mari bersama-sama agar jiwa Pramuka menjadikan karakter penting dalam penanaman soft skill anak-anak, sehingga anak-anak yang akan meneruskan perjuangan di masa mendatang tetap setia kepada NKRI, mencintai Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Selamat Hari Pramuka. Salam Pramuka," urai Hidayat Rahman berpesan. [feb/mu].

 

Tag : Hari pramuka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini