Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pergeseran Suara Jadi Poin Urgent IKP Bawaslu Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 19 August 2024 09:00

Pergeseran Suara Jadi Poin Urgent IKP Bawaslu Bojonegoro

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro telah resmi melaunching Indeks Kerawanan Pemilu Tahun (IKP) 2024. Hasilnya, tersadapat setidaknya 8 poin indikasi pelanggaran yang bakal difokuskan untuk antisipasi dan pemgawasan pada Pemilu mendatang.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Bojonegoro Handoko Sosro Hadi Wijoyo menuturkan, bahwa pemetaan kerawanan sebelumnya telah dibahas bersama stakeholder saat FGD. Sejumlah poin temuan kerawanan pelanggaran pun juga sudah dikonsultasikan.

Pemetaan kerawanan itu juga tidak lepas dari hasil FGD, namun beberapa hal secara empiris yang terjadi pada Pemilu kemarin. Apa saja pelanggaran yang terjadi pada pelaksanaan Pemilu kemarin, dimasukkan pula pada poin IKP.

"Yang paling besar, itu kemarin dimensi penyelenggaraan Pemilu. Dimana ada banyak pergeseran suara," kata Handoko saat dijumpai awak media usai launching IKP bersama segenap komisioner di area Estern Hotel Bojonegoro, Minggu (18/8/2024) siang.

Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, Bawaslu tentunya bakal mengawal ketat setiap proses pada tahapan yang ada.

"Kami di Bawaslu otomatis akan mengawal ketat proses itu. Baik itu penyususnan DPT maupun rekaputalisi ke depan, agar lebih detail menjaga suara tidak bergeser," tandasnya.

Adapun delapan poin IKP tersebut, diantaranya rekapitulasi perolehan suara tidak sesuai ketentuan, transparansi rekap perolehan suara, netralitas penyelenggara negara, isu hak memilih, indikasi penilaian tak sesuai oleh penyelenggara Pemilu pada pembentukan badan Ad Hoc, isu aduan tertulis kepada DKPP terhadap Bawaslu dan KPU, bencana alam, dan isu miskomunikaai antara KPU dengan peserta Pemilu. [feb/mu]

 

Tag : Pemilu, bawaslu bojonegoro, pilkada, pilkada bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini