18:00 . Pelantikan Pengurus, PMII Rayon Raden Paku Gelar Pelatihan Makalah dan Peringati Maulid Nabi   |   17:00 . Peringati Hari Jadi, Pemdes Mojorejo Gelar Karnaval Mojorejo Carnival 2024   |   15:00 . NasDem Bojonegoro Panaskan Mesin Politik Menangkan Wahono-Nurul   |   19:00 . Partai Gerindra Optimis Targetkan Setyo Wahono-Nurul Azizah Menang 80 Persen   |   15:00 . KPU Bojonegoro Butuh 14.833 Petugas KPPS untuk Pilkada 2024   |   12:00 . KH Anwar Zahid Do'akan Khofifah Jadi Gubernur Jatim 2 Periode   |   22:00 . Golkar Siap Gerakkan Kader hingga Akar Rumput untuk Menangkan Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   21:00 . Relawan Santri Bojonegoro Nderek Kyai Ikrar Menangkan Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   20:00 . Berhasil Budidaya Semangka, Kelompok Sekolah Lapang Gayam Siap Jadi Contoh Bagi Petani dan Pertanian Ramah Lingkungan   |   19:00 . Si Jago Merah Kembali Melahap Gudang Tembakau di Bojonegoro   |   18:00 . Semakin Mesra, MTsN 3 Bojonegoro Bersinegi dengan YPBU Kepohbaru Peringati Maulid Nabi   |   14:00 . KPI Soroti Kasus Owner Kafe di Bojonegoro Lakukan Kekerasan ke Mantan Karyawannya   |   10:00 . Khusuk, Peringati Maulid Nabi di Bawah Terik Matahari   |   08:00 . Sehari Kunjungi Bojonegoro, Khofifah Banjir Dukungan Buruh SKT   |   06:00 . DPD PSI Bojonegoro Siap Menangkan Wahono - Nurul dalam Pilkada 2024   |  
Wed, 18 September 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pj. Bupati Hadiri Pagelaran Seni, Harapkan Dongkrak Pasar UMKM Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 September 2024 16:30

Pj. Bupati Hadiri Pagelaran Seni, Harapkan Dongkrak Pasar UMKM Bojonegoro

Reporter: Nidlomatum MR

blokBojonegoro.com - Pemkab Bojonegoro terus berupaya mempromosikan potensi budaya dan keseniannya kepada khalayak luas. Tari Thengul sebagai iconic kesenian Bojonegoro yang pernah tampil dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Istana Negara pada tahun 2019 lalu, menginspirasi kesenian lain asli Bojonegoro untuk dapat mengikuti jejak prestasinya. Upaya tersebut terus dilanjutkan dengan mempertunjukan kesenian asli Bojonegoro, baik ditingkat daerah maupun nasional. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada kesempatan kali ini Pemkab Bojonegoro kembali menggelar pertunjukan Pagelaran Seni Budaya, Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (08/09/2024) pagi. 

Dengan mengusung tema “Romansa Bambu Jati Bojonegoro" diharapkan bisa mendongkrak nama Kebudayaan, Kesenian hingga Ekonomi Kreatif masyarakat Bojonegoro bagi masyarakat luas. 

Tidak dipungkiri bahwa TMII yang dipromosikan sebagai Icon rekreasi berbasis budaya dan edukasi, mampu merepresentasikan corak dan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Area seluas kurang lebih 165 hektar tersebut menyuguhkan miniatur kepulauan Nusantara, anjungan daerah, bangunan dan arsitektur tradisional, kesenian daerah, taman rekreasi, dan berbagai macam wahana. Sehingga dinilai sesuai dalam misi mempromosikan kebudayaan Kabupaten Bojonegoro.

Tahun ini, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro mengundang Menteri Sekretaris Negara yaitu Pratikno yang asli orang Bojonegoro, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur, anggota DPRD Kab. Bojonegoro, Jajaran Pejabat dan Kepala OPD se-Kab. Bojonegoro dan seluruh Camat, serta Paguyuban Warga Bojonegoro di Jakarta (Guyub Bojonegoro), dan tentunya dihadiri langsung Pj. Bupati Bojonegoro, Adriyanto.

Seni Tari Jati membuka acara pagi ini dengan pertunjukkannya ritmis dan indah. Membawa misi dalam mengenalkan karakter kayu jati Bojonegoro yang banyak diminati pasar lokal hingga mancanegara. Potensi tersebut menjadi nilai lebih dalam upaya mengenalkan hasil kerajinan dan produk UMKM lain hingga dapat menyentuh pasar yang lebih luas lagi. 

Dalam sambutannya, Gatot Sugiono sebagai Ketua Guyub Bojonegoro cukup senang menyaksikan perubahan Kabupaten Bojonegoro saat ini. Selain itu, upaya Pj. Bupati Bojonegoro mendorong dan melibatkan langsung pemuda dalam menyongsong Pembangunan kedepan perlu diapresiasi. Saat ini infrastruktur Bojonegoro cukup baik, kedepan perlu meningkatkan lagi Pembangunan untuk kesejahteraan Masyarakat. 

“Bulan lalu saya datang ke Bojonegoro memenuhi undangan Pj. Bupati Bojonegoro, untuk menghadiri acara yang mayoritas dihadiri oleh pemuda. Para pemuda-pemudi Bojonegoro hadir dengan ide-ide kreatifnya yang dituangkan dalam berbagai bentuk, mulai dari style, hingga kerajinan. Hal itu sangat menarik kita dukung, karena jika bukan generasi muda, siapa yang akan peduli terhadap kemajuan suatu daerah. Semoga kegiatan ini dapat memperindah Bojonegoro, lebih Makmur dan lebih Sejahtera," terang Ketua Guyub Bojonegoro.

Dalam kesempatan tersebut, Adriyanto selaku Pj. Bupati Bojonegoro menyampaikan perkembangan Bojonegoro saat ini. Pemkab Bojonegoro sedang merencanakan membangun sekolah berbasis praja, yang berfokus pada sektor pengembangan teknologinya. Selain itu, fasilitas Pendidikan dan tenaga pendidik terus ditingkatkan, serta pendidikan lanjut yang bersifat unggul. Selain sektor Pendidikan, Pemkab bersama berbagai elemen masyarakat dan stakeholder berupaya membangun kembali Persibo. Selain itu, Pemkab juga berupaya menyalurkan air bersih dibeberapa titik rawan kekeringan dimusim kemarau yang ekstrem. 

“Beberapa upaya coba kita terapkan, setelah adanya infrastruktur yang baik, kita akan menghidupkan pusat-pusat masyarakat berkumpul dan beraktifitas yang dapat meningkatkan perputaran perekonomian. Seperti area sekitar pusat pendidikan, pertunjukan, dan lain sebagainya. Selain itu, saya berharap dengan terjalinnya komunikasi dan silaturahmi kita semua, semoga kita dapat menjembatani potensi yang ada di Bojonegoro dapat dikenal Masyarakat luas dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," terang Pj. Bupati Bojonegoro

Hal senada disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Pertemuan ini harus menghasilkan hal yang bermanfaat untuk kemajuan Bojonegoro, khususnya disektor Pendidikan. Pendidikan menciptakan peluang dan membuka pintu menuju masa depan lebih baik, dan tentunya Pendidikan menciptakan generasi penerus yang berkarakter dan beretika, siap menyongsong kemajuan global yang semakin ketat. [lis]

Tag : Budaya, Bojonegoro, tmii



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat