Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penyelenggara dan Peserta Pilkada di Bojonegoro Dibekali 20 Walpri Polisi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 September 2024 17:00

Penyelenggara dan Peserta Pilkada di Bojonegoro Dibekali 20 Walpri Polisi

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Penyelenggara dan peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bojonegoro 2024 dibekali pengawal pribadi (Walpri) sebanyak 20 personel khusus dari Polres Bojonegoro. Penyerahan 20 walpri itu, dilaksanakan secara seremonial di halaman Mapolres Bojonegoro, Rabu (25/9/2024).

20 walpri ini, terdiri dari 4 personel Polwan dan 16 Polki. 20 personel terebut telah mengikuti pelatihan tingkat Polda Jatim dan siap mengamankan paslon Bupati dan Wakil Bupati serta Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro selama 1 x 24 jam.

Wakapolres Bojonegoro, Kompol David Manurung mengungkapkan, pemberian walpri kepada masing-masing pasangan calon (Paslon) dan Ketua Penyelenggara Pilkada di Bojonegoro ini, merupakan pelaksanaan dari Operasi Mantap Praja.

Selain itu, lanjut Wakapolres, pelaksanaan apel ini juga sebagai bentuk kesiapan dan bukti komitmen bersama dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan dan hambatan yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro sehingga diharapkan pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Polisi berpangkat melati satu di pundaknya itu, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI, Pemda, hingga seluruh elemen masyarakat, atas sinergisitas yang telah terjalin, khususnya dalam pengelolaan kamtibmas sehingga kondusifitas di Bojonegoro dapat terpelihara hingga hari ini.

Selain itu, netralitas Polri dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) merupakan prinsip fundamental yang harus dijunjung tinggi. Dengan menjaga netralitas, Polri tidak hanya melindungi hak suara masyarakat, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan iklim politik yang aman dan kondusif, di mana semua calon dapat bersaing secara sehat.

Selesai apel, Kompol David Manurung mengatakan apel penyerahan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel walpri serta dilakukan penyerahan secara simbolis.

Lanjutnya, untuk mengamankan dan mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilukada 2024, Polres Bojonegoro membentuk tim walpri yang akan melekat dan mengamankan kepada ketua KPU, ketua Bawaslu dan masing-masing paslon Bupati-Wakil Bupati.

Para personel tersebut memiliki peran strategis dalam memastikan keamanan selama tahapan Pilkada serentak 2024, terutama saat kampanye dan kegiatan publik lainnya.

“Tidak hanya fisik tapi juga kecermatan dan kewaspadaan yang tinggi perlu dimiliki oleh personel Walpri," tegas Kompol David kepada awak media saat dikonfirmasi selesai apel.

Kapolres Bojonegoro  mengimbau kepada seluruh masyarakat Bojonegoro untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing.

“Kami juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpancing oleh provokasi atau berita hoaks yang dapat memecah belah persatuan. Tetaplah waspada, jaga persaudaraan. Mari bersama-sama kita wujudkan Pemilukada yang aman, damai, dan sukses untuk masa depan Kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya. [riz/mu]

 

Tag : Pilkada bojonegoro, polres bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini