Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Program P5RA: Matsagabo Gelar Pesta Demokrasi dan Fashion Show

blokbojonegoro.com | Friday, 27 September 2024 13:00

Program P5RA: Matsagabo Gelar Pesta Demokrasi dan Fashion Show

Pengirim: Slamet Widodo, S.Pd.*

blokBojonegoro.com - Sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka, MTs Negeri 3 Bojonegoro melaksanakan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA). Kegiatan ini berdasar Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan semester awal Tahun Pelajaran 2024/2025, selama sepekan. Tepatnya pada tanggal (23-28/09/2024).

Kepala MTs Negeri 3 Bojonegoro, H. Juki menjelaskan, agenda P5RA ini diterapkan pada seluruh kelas, yakni kelas VII, VIII dan IX. Namun tidak untuk semua mata pelajaran.

“Kelas VII mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, Informatika, Penjaskes dan Seni Budaya. Kelas VIII, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan Penjaskes. Sementara kelas IX, Bahasa Inggris, Matematika, PKn, Informatika, IPA dan IPS,” jelasnya.

Adapun tema yang diangkat, lanjut alumni Kepala MTs Negeri Padangan ini, setiap kelas juga berbeda-beda. Kelas VII temanya Suara Demokrasi dengan sub tema Pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS. Kelas VIII mengusung tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan sub tema Fashion Show Pakaian Daur Ulang Sampah. Sementara itu, kelas IX, tema yang diangkat Bineka Tunggal Ika, dengan Sub Tema Fashion Show Pakaian Adat.

“Masing-masing ada guru yang menjadi koordinatornya dan semua kegiatan sudah terjadwal,” tuturnya.

Mad Lazim, Koordinator P5RA untuk kelas VII menuturkan, tahapan pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dilakukan semirip mungkin dengan pesta demokrasi yang berlaku di negara Republik Indonesia ini.

“Tujuannya utamanya adalah memberikan pengalaman kepada siswa bagaimana proses pelaksanaan pesta demokrasi. Mulai dari pembentukan panitia pemilihan (KPU), penjaringan bakal calon, proses seleksi bakal calon, menyiapkan berkas-berkas pemungutan suara, kampanye penyampaian visi dan misi, pemungutan suara, penghitungan suara hingga penetapan calon terpilih,” tutur guru Bahasa Inggris ini.

Sementara itu, Aunul Qorib, Koordinator P5RA kelas VIII menjelaskan tahapan pelaksanaan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan sub tema Fashion Show Pakaian Daur Ulang Sampah.

“Siswa dijelaskan tentang jenis sampah, memilah sampah, memilih sampah sebagai bahan Fashion, membuat gaun dari sampah, menentukan duta kelas yang tampil pada acara Fashion show. Dan puncaknya nanti pada Sabtu mendatang,” jelas guru Matematika.

Hal senada juga disampaikan Khusnul Ma’arif, selaku Koordinator P5RA kelas IX. Ia menjelaskan tujuan dan tahapan pelaksanaan P5RA tema Bineka Tunggal Ika.

“Diskusi kelompok membahas semboyan negara Bineka Tunggal Ika, mengenal ragam pakaian adat nasional dan daerah, merancang pembuatan pakaian adat dari daur ulang sampah, menentukan duta dari masing-masing kelas untuk perform pada acara puncak nanti,” tutur pria asal desa Mojosari Kepohbaru ini.

Selanjutnya, puncak acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (29/09/2024) mendatang. Mulai dari pemungutan suara, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih pengurus OSIS yang diikuti oleh seluruh siswa. Selain itu juga penampilan Fashion Show untuk kelas 8 dan 9. [mu]

*Guru Matematika MTs. Negeri 3 Bojonegoro.

 

Tag : Mtsn 3 bojonegoro, mtsn 3, mtsn 3 kepohbaru, kurikulum merdeka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini