20:00 . Selama 2 Tahun, Puluhan Desa di Bojonegoro Tunggak Pajak Rp7,3 Miliar   |   18:00 . Pejalan Kaki di Bojonegoro Meninggal Usai Dihantam Truk Box   |   15:00 . STIE Cendekia Bojonegoro Adakan Cultural Camp, Mahasiswa Internasional Belajar Batik dan Tari Thengul   |   21:00 . Blusukan di Pasar Tradisional, Cawabup Nurul Azizah Akan Tingkatkan Daya Saing   |   18:00 . Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Iklan Media di Pemkab Bojonegoro, 2 Pejabat Diperiksa Polisi   |   16:00 . PKKM 2024, Dorong Peningkatan Kualitas Madrasah dan Inovasi   |   22:00 . Setyo Wahono dan Nurul Azizah: Jalan Baru Menuju Pendidikan Berkualitas untuk Bojonegoro   |   20:00 . Blusukan di Pasar, Wahono-Nurul Sapa Pedagang   |   19:00 . Tradisi Slametan Warga Ngelo, Awali Pembangunan Instalasi Air Bersih   |   16:00 . Hoaks Akun WhatsApp Mengatasnamakan Asisten I Setda Bojonegoro, Masyarakat Diminta Waspada   |   13:00 . Ingin Mandiri dan Bermodalkan KUR BRI, Parno Jualan Pentol Sambil Investasi Properti Kos   |   08:00 . Menilik Penguatan Peran Tri Pusat Pendidikan   |   21:00 . STIKES Rajekwesi Galakkan Gerakan Remaja Sehat bagi Pelajar di Bojonegoro   |   20:00 . Update Kesiapan Logistik, KPU Bojonegoro Siapkan 4.240 Kotak Suara   |   19:00 . Bersama MAN 1 dan SMAN MT Bojonegoro, STIKES Rajekwesi Gelar Gerakan Digital Remaja Sehat   |  
Fri, 04 October 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

STIE Cendekia Bojonegoro Adakan Cultural Camp, Mahasiswa Internasional Belajar Batik dan Tari Thengul

blokbojonegoro.com | Friday, 04 October 2024 15:00

STIE Cendekia Bojonegoro Adakan Cultural Camp, Mahasiswa Internasional Belajar Batik dan Tari Thengul

Pengirim: Tim STIE Cendekia Bojonegoro *

blokBojonegoro.com - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia (STIEKIA) Bojonegoro mengadakan kegiatan cultural camp STIEKIA 2024 selama tiga hari dimulai tanggal 4 sampai 6 Oktober 2024.

Program ini diinisiasi oleh bagian kerjasama STIEKIA dan berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Global Engagement Surabaya, menghadirkan 10 mahasiswa internasional dari tujuh Universitas dan dari tiga Negara untuk memperkenalkan sisi lain kehidupan tradisional di Indonesia, mengajarkan nilai berbagi dan kesederhanaan, berbagi ilmu dan budaya serta pengalaman dengan masyarakat setempat.

Tiga Negara yang tergabung dalam Cultural Camp ini yaitu Prancis, Netherland dan Malaysia yang mengangkat tema “Connecting World, Preserving Tradition (Menghubungkan Dunia, Melestarikan Tradisi)”.

Pembukaan Cultural Camp diadakan di Hall STIEKIA lantai 2 yang diikuti oleh civitas akademika STIEKIA, perwakilan ITS dan mahasiswa Internasional dari tiga Negara. Selain itu juga dihadiri oleh tamu undangan dari perwakilan 13 SMA/SMK di wilayah Bojonegoro, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STIE Cendekia, penampilan tari dari tim tari Cendekia.

Ketua STIE Cendekia Bojonegoro, Nurul Mazidah, SE., MSA., Ak. menyambut dengan bahagia Mahasiswa Internasional dan berterimakasih atas kerjasama yang berjalan dengan ITS ini.

"Kami berharap program ini tidak sekali ini saja namun berkelanjutan," harapnya. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Lukiswati M.Pd menyampaikan adanya program pemerintah Bojonegoro yaitu 1 desa 10 sarjana.

Pembukaan Cultural Camp ini juga diisi dengan Sharing Session antara Mahasiswa Internasional dan civitas akademika STIEKIA yang berlangsung dengan khidmat dan diikuti dengan antusias oleh semua pihak yang tergabung dalam program tersebut.

 

Mengenal Batik dan Tari Thengul

Selama Cultural Camp, para peserta terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan budaya dan kehidupan tradisional Indonesia, khususnya budaya yang berasal dari Bojonegoro. Mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal dan berbagi wawasan serta pengalaman lintas budaya.

Salah satu agenda utama adalah kunjungan ke Latansa Batik Dander untuk mendapatkan pelatihan batik Bojonegoro yang khas dengan batik daun maupun batik thengul. Selain itu peserta juga berkunjung ke Khayangan Api yang merupakan icon dari Bojonegoro yang dikenal dengan Api Abadinya dimana peserta berkesempatan untuk menikmati indahnya icon Bojonegoro ini dan juga berlatih tarian khas Bojonegoro yaitu tari Thengul yang terinspirasi dari wayang thengul dengan ditemani istruktur tari Thengul yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro.

 

Eksplore Keindahan Alam Magetan

Kegiatan tidak hanya di Bojonegoro, peserta juga akan diajak untuk menikmati keindahan alam Magetan yaitu di kawasan wisata Telaga Sarangan yang merupakan telaga alami dikawasan lereng pegunungan Lawu, selain itu peserta juga diajak untuk mengeksplore wisata Tawang Mangu, dimana harapan nya adalah mengenal indahnya alam yang ada di Indonesia terutama di Jawa Timur serta bisa mengetahui kebudayaan langsung masyarakat yang berada pada kawasan wisata tersebut.

*Narasi : Siti Rohmawatin, S.IIP; Foto : Ahmad Sholihudin, S.E ; Editor : Murtini, SE., MM.

Tag : STIE Cendekia Bojonegoro, Cultural Camp



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat