Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkada Bojonegoro 2024

KPU Bojonegoro Batalkan Debat Publik Cawabup 01 dan 02

blokbojonegoro.com | Saturday, 19 October 2024 22:00

KPU Bojonegoro Batalkan Debat Publik Cawabup 01 dan 02 Ketua KPU Bojonegoro, Robby Adi Perwira saat dengan berat hati membatalkan debat publik pertama (Foto: Rizki Nur Diansyah)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro secara resmi membatalkan debat publik pertama yang mempertemukan calon wakil bupati (Cawabup) 01 dan 02. Hal tersebut, terjadi lantaran kondisi di dalam gedung tak kondusif.

Batalnya debat yang seharusnya hanya mempertemukan Cawabup 01 Farida Hidayati dan Cawabup 02 Nurul Azizah itu, dikarenakan Cabup 01 Teguh Haryono memaksa ikut naik ke podium untuk ikut debat bersama pasangannya.

Naiknya Teguh Haryono ke atas podium, lantaran diminta Cawabupnya dengan mengacu pada PKPU 13 dan KKPU 1363.

“Karena ini merupakan pasangan calon, maka saya meminta Mas Teguh Haryono untuk naik ke atas panggung,” ujar Farida Hidayati saat hendak memulai debat.

Permintaan cawabup Farida ini sontak mendapat sorakan riuh dari pendukung Cawabup nomor urut 02 Nurul Azizah. Lantaran, yang seharusnya debat hanya Cawabup saja, sesuai dengan kesepakatan dalam berita acara yang disepakati pada 24 September lalu.

Kondisi pun semakin memanas, kedua kubu pendukung paslon saling mengolok-olok dan melempar argumen. Kondisi tersebut, berjalan sekitar 1 jam lebih, sehingga debat pun akhirnya dibatalkan oleh Ketua KPU Bojonegoro, Robby Adi Perwira.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro Robby Adi Perwira mengatakan, pihaknya pada malam hari ini membuat debat publik untuk memfasilitasi untuk menyampaikan visi-misi.

"Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila acara pada malam hari ini tidak bisa berjalan lancar. Saya minta waktu 10 menit, kalaupun misal tidak bisa berjalan lancar, mohon maaf yang sebesar-besarnya acar pada malam hari ini akan saya hentikan,” beber Robby dengan berat hati.

Untuk diketahui, polemik terkait permintaan paslon 01 untuk melakukan debat berpasangan sudah terjadi H-3 menjelang debat dilaksanakan. Padahal, sebelumnya pada 24 September dalam berita acara yang ditandatangani Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan masing-masing LO Paslon telah menyetujui jika debat dilaksanakan dengan sistem 3 tahapan.

Tiga tahapan tersebut, yakni dengan mekanisme sebagai berikut:

1. Debat Publik pertama akan melibatkan Calon Wakil Bupati Bojonegoro dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024.

2. Debat Publik kedua akan melibatkan calon Bupati Bojonegoro dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024;

3. Debat Publik ketiga akan melibatkan calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Adapun pelaksanaan debat publik akan dilaksanakan pada :

1. Debat Publik pertama akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 19 Oktober 2024;

2. Debat Publik kedua akan dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 1 November 2024;

3. Debat Publik ketiga akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 13 November 2024. [riz/lis]

 

Tag : cawabup. , debat, cawabup



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini