11:00 . Apel Akbar Santri Ponpes Attanwir   |   10:00 . 5.400 Santri Ponpes Attanwir Apel Akbar HSN   |   09:00 . Program Dorong Jiwa Entrepreneurship WaNur Siapkan Kartu Wirausaha Muda   |   21:00 . Batalnya Debat Dinilai Ketidakdewasaan Paslon dan Kegagalan Penyelenggara Pemilu   |   20:00 . Permudah Beasiswa untuk Santri, Setyo Wahono Siapkan Kartu Santri   |   18:00 . Hadir di Bojonegoro, Svarga Clinic Tawarkan Treatment Mulai Rp50 ribu   |   17:00 . Petani di Bojonegoro Meninggal di Sawah Usai Tertimpa Sabitnya Sendiri   |   15:00 . Rocky Gerung Beri Kuliah Umum Filsafat Kebangsaan di IKIP PGRI Bojonegoro   |   05:00 . Alhamdulillah..! Prof Pratikno Jabat Menko PMK   |   13:00 . Meriahnya Pawai Payung SMK ATTANWIR   |   11:00 . SMK ATTANWIR Pawai Payung di Hari Santri   |   10:00 . MWC NU Kanor Gelar Ziarah Muassis NU   |   22:00 . KPU Bojonegoro Batalkan Debat Publik Cawabup 01 dan 02   |   21:00 . Debat, Cawabup Farida Hidayati Ajak Pasangan Calon ke Podium   |   18:00 . Bawaslu Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada Berintegritas dan Beretika   |  
Tue, 22 October 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkada Bojonegoro 2024

Program Dorong Jiwa Entrepreneurship WaNur Siapkan Kartu Wirausaha Muda

blokbojonegoro.com | Tuesday, 22 October 2024 09:00

Program Dorong Jiwa Entrepreneurship WaNur Siapkan Kartu Wirausaha Muda

Reporter: Parto Sasmito 

blokBojonegoro.com - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoron Setyo Wahono - Nurul Azizah bakal beri Kartu Wirausaha Muda untuk muda-mudi Bojonegoro yang berminat pada bidang wirausaha. 

Generasi muda saat ini, khususnya generasi milenial dan generasi Z, punya kecenderungan menyukai tantangan dan peka pada perubahan. Dua poin mentalitas itu, merupakan modal besar dalam mengarungi perahu kewirausahaan. Karena itu, pemerintah juga harus memberikan fasilitas dukungan. 

Salah seorang pemuda Bojonegoro M. Ramadhan mengatakan, di era digital saat ini, mayoritas pemuda sudah secara otomatis memiliki mental kewirausahaan. Sebab, didukung kemudahan dalam sistem jual beli secara online. Namun, harus diakui, urusan keberanian serius dalam ber-wirausaha, tentu hanya orang-orang yang punya privilege dukungan modal. 

"Dalam ber-wirausaha, mental saja tidak cukup. Butuh keberanian. Dan keberanian itu urusannya dengan dukungan modal," ujar Ramadhan. 

Ramadhan mengatakan, pemuda-pemuda yang berani terjun total dalam ber-wirausaha, bisa dipastikan punya dekengan modal yang kuat. Sehingga, gagal berkali-kali pun seolah tak masalah. Namun bagi yang tak punya dukungn modal, tentu sangat takut. Sebab, sekali gagal bisa kesulitan untuk kembali berinovasi. 

" Dengan jumlah APBD yang konon tertinggi di Jatim, saya kira, pemerintah juga harus mendukung wirausahawan muda dari sisi permodalannya. Sehingga potensinya tidak hangus," ucapnya. 

Sally Atyasasmi, Anggota DPRD Bojonegoro mengungkapkan, keberanian untuk terjun ber-wirausaha berbeda dengan mental wirausaha. Secara lebih detail, mental wirausaha mungkin dimiliki mayoritas pemuda di Bojonegoro. Namun untuk keberanian dalam terjun langsung dalam ber-wirausaha, tentu tidak banyak. Sebab, menurutnya, privilege dalam ber-wirausaha itu punya pengaruh besar. 

"Memang benar, tak semua yang punya mental wirausaha itu berani ber-wirausaha. Sebab, wirausaha itu butuh banyak susupport-system," tegas Sally. 

Politisi Gerindra Bojonegoro itu menegaskan, dalam hal ini, peran pemerintah benar-benar dibutuhkan. Minimal dalam memberi kemudahan dan fasilitas untuk permodalan. Karena itu, kata Sally, dalam program utamanya, paslon Setyo Wahono dan Nurul Azizah menyiapkan Kartu Wirausaha Muda. Fungsinya sebagai support-system bagi para calon wirausahawan muda Bojonegoro. 

"Kartu Wirausaha Muda ini memfasilitasi para pemuda Bojonegoro untuk lebih berani dalam terjun di dunia usaha," tutur dia. 

Sementara Setyo Wahono, clon bupati Bojonegoro yang berpasangan dengan Nurul Azizah, dalam program unggulannya, telah menyiapkan kartu sakti bertajuk Kartu Wirausaha Muda. Kartu ini bertujuan untuk memberi bantuan permodalan usaha, bagi kalangan anak muda sesuai dengan bidang yang diminati.

"Jadi, anak-anak muda Bojonegoro yang punya minat dalam ber-wirausaha, akan diberi bantuan modal sesuai usaha yang diinginkan," kata Setyo Wahono. 

Selain kemudahan dalam mendapat bantuan modal, Kartu Wirausaha Muda ini juga mempermudah para pemuda untuk mendapat layanan pemberdayaan-pendampingan calon wirausaha muda baru. Yakni berupa pelatihan membuat rencana bisnis, sertifikasi keahlian, dan lain sebagainya. [riz/red]

Tag : Pilkada, Bojonegoro, program



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat