13:00 . Warek II UNUGIRI Pesan Tiga Hal Pada Wisudawan, Begini Isinya   |   14:00 . Rektor Institut Attanwir Nilai Format Debat Pilkada Bojonegoro Sudah Tepat   |   23:00 . Distributor dan Kios Resmi Pupuk Dukung Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   22:00 . Mobil Ketua Bawaslu Bojonegoro Diduga Kerap di Rumah Petinggi PDI-P   |   20:00 . Job Fair and Career Expo SMK Negeri Kasiman: Membuka Peluang Karier Bagi Pelajar dan Masyarakat   |   21:00 . WaNur Programkan SapaBupati, untuk Komunikasi bersama Masyarakat   |   16:00 . Tingkatkan Kapasitas, EMCL Berikan Pelatihan kepada Puluhan NGO Lokal dan Kontraktor   |   23:00 . Hari Santri, Paslon Wahono-Nurul Hadiri Silaturahim dan Konsolidasi PCNU Bojonegoro   |   21:00 . Kontribusi Besar Pratikno untuk Bojonegoro, Begini Pandangan Kang Yoto   |   18:00 . Debat Pertama Gagal, KPU Bojonegoro Tawarkan Format Debat Baru   |   13:00 . MWCNU Gayam Laksanakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2024   |   11:00 . Apel Akbar Santri Ponpes Attanwir   |   10:00 . 5.400 Santri Ponpes Attanwir Apel Akbar HSN   |   09:00 . Program Dorong Jiwa Entrepreneurship WaNur Siapkan Kartu Wirausaha Muda   |   21:00 . Batalnya Debat Dinilai Ketidakdewasaan Paslon dan Kegagalan Penyelenggara Pemilu   |  
Sun, 27 October 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warek II UNUGIRI Pesan Tiga Hal Pada Wisudawan, Begini Isinya

blokbojonegoro.com | Saturday, 26 October 2024 13:00

Warek II UNUGIRI Pesan Tiga Hal Pada Wisudawan, Begini Isinya

Reporter: Parto Sasmito 

blokBojonegoro.com - Wakil Rektor (Warek) II Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri), Dr. H. Yogi Prana Izza, Lc., M.A., memberikan tiga pesan kepada para wisudawan saat memberi sambutan dalam acara wisuda Unugiri, di Hall Dewarna Hotel, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (24/10/2024). 

Tiga pesan tersebut ia sarikan dari do'a-do'a Nabi Ibrahim as., yang disebutkan dalam Alquran. Pertama, ia berpesan agar para wisudawan hendaknya memiliki ilmu yang baik, bermanfaat dan diamalkan. Pesan tersebut ia serap dari redaksi do'a yang berbunyi, "Robby Hab Ly Hukman". 

"Hukman itu berbeda dengan hikmah. Hukman itu ilmu yang baik yang bermanfaat dan diamalkan. Maka, yang perlu kita kuatkan adalah tetap mencari ilmu yang baik, bermanfaaat, kemudian diamalkan," jelasnya.

Ia lantas menyebut bahwa konsep baik itu sederhana, yakni baik dan juga bermanfaat di akhirat. 

"Jika di dunia terlihat baik tapi tidak bermanfaat dan baik di akhirat, maka tidak bisa dikategorikan sebagai hal baik," imbuhnya.

Sosok yang juga Ketua ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) tersebut lantas mengatakan bahwa salah satu ilmu yang kurang populer saat ini adalah ilmu tentang cinta. Padahal, menurutnya dengan ilmu cinta, seseorang akan melihat semua orang dengan belas kasih.

"Dengan cinta kita akan melihat orang dengan belas kasih. Tanpa cinta mungkin hidup di dunia ini akan penuh dengan kebencian. Maka, perbesar cinta yang bisa memadamkan api benci. Kalau bisa terjadi kita itu hidup seperti di surga walaupun masih di dunia," jelasnya.

Ia lantas mengutip ayat Alquran yang menyebut bahwa di surga kelak, rasa kebencian dan kedengkian akan dicabut dan hanya ada rasa cinta.

Kedua, Yogi, sapaannya, memberi pesan yang ia ambil dari do'a Nabi Ibrahim yang berbunyi, "Wa Alhiqny bis Sholihin", dengan maksud agar para wisudawan memperbanyak sahabat-sahabat yang sholeh.

"Wa Alhiqny bis Sholihin. Kumpulkan aku bersama orang-orang sholeh. Orang sholeh adalah support system bagi kita yang mengajak kebaikan dan mencegah kita jatuh di lubang penderitaan. Perbanyaklah sahabat-sahabat sholeh," ujarnya.

Yogi mengatakan bahwa ciri orang sholeh adalah yang orientasi hidupnya akhirat bukan hanya duniawi.

Terakhir, Yogi mengutip pesan dari do'a yang berbunyi "Waj'al Ly Lisana Shidqin fil Akhirin". Yang menurutnya memiliki arti 'Jadikanlah buah bibir yang baik ketika telah meninggal'. Ia berpesan agar para wisudawan meninggalkan jejak kenangan yang baik.

"Lisana shidqin fil Akhirin. Nabi Ibrahim ingin dikenang menjadi orang baik yang menginspirasi kebaikannya ketika beliau sudah meninggal dunia," ucapnya.

"Jadikanlah album kenangan Anda album kenangan yang baik yang bisa menginspirasi banyak orang. 

Karena itu yang bisa memberi dampak besok di akhirat," pungkas Dr. Yogi. [ito/red]

Tag : Wisuda, Unugiri, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat