10:00 . Resah, Ular Sanca Ukuran 1.5 Meter Diamankan   |   09:00 . Rapid Test Gratis untuk Peserta UTBK Calon Mahasiswa   |   08:00 . Intip Desa Sentra Perikanan   |   07:00 . Selain WFH, Ini 6 Hal yang Bikin Sakit Punggung   |   22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   19:00 . Menggelitik....!!! Arga Marvel Pernah Juara Berhadiah 1 Sak Gabah   |   18:00 . Sesosok Mayat Wanita Mengapung di Bengawan   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 04 February 2017 15:00

Ansor Gayam Gelar Dialog Bertema Penataan Perekonomian Umat

Ansor Gayam Gelar Dialog Bertema Penataan Perekonomian Umat

Pengirim: Reporter Buletin Irrodah

blokBojonegoro.com - Berjuang untuk membesarkan organisasi memang tidak semudah membalikan telapak tangan. sebab ada banyak hal yang harus dilakukan, tak terkecuali menata perekonomian yang menjadi pemicu tersendatnya untuk mewujudkan program yang direncanakan.

Hal itu yang mendasari Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro mengadakan dialog strategis dengan mendatangkan praktisi dan juga direktur BMT NU Ngasem, Wahyudi. Tak tanggung-tanggung, tema yang diangkat yakni "Membangun dan Mengembangkan Perekonomian Ansor Sebagai Embrio Kemandirian Umat."

"Kami mengundang beliau untuk memberikan gambaran bagaimana menata dan mengelola perekonomian organisasi seperti halnya Ansor," ungkap ketua PAC GP Ansor Gayam, Imam Hambali dalam sambutanya (3/2/2017) di Musala Ali Mukti Desa Brabowan Kecamatan Gayam.

Sebab, saat ini Ansor Gayam sendiri memiliki aset pengelolaan lahan pertanian seluas 1 hektar, sehingga diperlukan pula rumusan untuk menciptakan sistem yang melahirkan manajemen yang baik.

"Selain lahan pertanian, Ansor Gayam juga memiliki Kelompok Serba Usaha (KSU) yang bergerak dibidang wirausaha organisasi dan kegiatan ekonomi lainya," paparnya.

Sementara itu, narasumber diskusi perekonomian, Wahyudi menyampaikan, jika menata perekonomian harus menjadi prioritas khususnya bagi MWC NU dan seluruh Banomnya. Sebab, akan menjadi sesuatu yang berat apabila perjuangan di NU maupun ansor tidak terlaksana hanya dikarenakan minimnya pendanaan.

"Kasihan Banomnya juga, jika harus meminta sumbangan dengan proposal setiap kali mengadakan kegiatan, ini tidak boleh dibiarkan secara terus menerus," jelasnya

Pria yang pernah menjadi Dosen ini menawarkan konsep perekonomian agar program-program di NU dan Banomnya berjalan maksimal, salah satunya adalah dengan membuat lembaga perekonomian yang tidak bergantung pada struktural NU, namun memberikan kontribusi secara optimal.

"Seperti BMT yang saya kelola ini, pengurusnya harus fokus pada peningkatan perekonomian, sehingga setiap akhir tahun hasil laba akan dialokasikan sesuai kesepakatan kepada MWC NU setempat," tambahnya

Artinya, harus dibedakan juga mana yang fokus pada program NU, fokus pengkaderan di level Badan Otonom (Banom) dengan orang yang fokus diperekonomian.

"Sebab, dari pengamatan yang saya lakukan, inilah formula yang tepat, karena jika lembaga perekonomian terikat langsung dengan struktural, maka akan rawan dengan dimasukinya kepentingan pribadi yang tak jarang justru menjadi penghambat lajunya lembaga perekonomian," tegasnya.

Kegiatan ini berjalan khidmat dan peserta diskusi yang berasal dari pengurus Ansor se-Kecamatan Gayam terlihat begitu antusias. [mu]

Tag : nu gayam, ansor gayam, pemuda nu, nu bojonegoro, banom nu


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat