11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ansor Gayam Gelar Dialog Bertema Penataan Perekonomian Umat

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 February 2017 15:00

Ansor Gayam Gelar Dialog Bertema Penataan Perekonomian Umat

Pengirim: Reporter Buletin Irrodah

blokBojonegoro.com - Berjuang untuk membesarkan organisasi memang tidak semudah membalikan telapak tangan. sebab ada banyak hal yang harus dilakukan, tak terkecuali menata perekonomian yang menjadi pemicu tersendatnya untuk mewujudkan program yang direncanakan.

Hal itu yang mendasari Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro mengadakan dialog strategis dengan mendatangkan praktisi dan juga direktur BMT NU Ngasem, Wahyudi. Tak tanggung-tanggung, tema yang diangkat yakni "Membangun dan Mengembangkan Perekonomian Ansor Sebagai Embrio Kemandirian Umat."

"Kami mengundang beliau untuk memberikan gambaran bagaimana menata dan mengelola perekonomian organisasi seperti halnya Ansor," ungkap ketua PAC GP Ansor Gayam, Imam Hambali dalam sambutanya (3/2/2017) di Musala Ali Mukti Desa Brabowan Kecamatan Gayam.

Sebab, saat ini Ansor Gayam sendiri memiliki aset pengelolaan lahan pertanian seluas 1 hektar, sehingga diperlukan pula rumusan untuk menciptakan sistem yang melahirkan manajemen yang baik.

"Selain lahan pertanian, Ansor Gayam juga memiliki Kelompok Serba Usaha (KSU) yang bergerak dibidang wirausaha organisasi dan kegiatan ekonomi lainya," paparnya.

Sementara itu, narasumber diskusi perekonomian, Wahyudi menyampaikan, jika menata perekonomian harus menjadi prioritas khususnya bagi MWC NU dan seluruh Banomnya. Sebab, akan menjadi sesuatu yang berat apabila perjuangan di NU maupun ansor tidak terlaksana hanya dikarenakan minimnya pendanaan.

"Kasihan Banomnya juga, jika harus meminta sumbangan dengan proposal setiap kali mengadakan kegiatan, ini tidak boleh dibiarkan secara terus menerus," jelasnya

Pria yang pernah menjadi Dosen ini menawarkan konsep perekonomian agar program-program di NU dan Banomnya berjalan maksimal, salah satunya adalah dengan membuat lembaga perekonomian yang tidak bergantung pada struktural NU, namun memberikan kontribusi secara optimal.

"Seperti BMT yang saya kelola ini, pengurusnya harus fokus pada peningkatan perekonomian, sehingga setiap akhir tahun hasil laba akan dialokasikan sesuai kesepakatan kepada MWC NU setempat," tambahnya

Artinya, harus dibedakan juga mana yang fokus pada program NU, fokus pengkaderan di level Badan Otonom (Banom) dengan orang yang fokus diperekonomian.

"Sebab, dari pengamatan yang saya lakukan, inilah formula yang tepat, karena jika lembaga perekonomian terikat langsung dengan struktural, maka akan rawan dengan dimasukinya kepentingan pribadi yang tak jarang justru menjadi penghambat lajunya lembaga perekonomian," tegasnya.

Kegiatan ini berjalan khidmat dan peserta diskusi yang berasal dari pengurus Ansor se-Kecamatan Gayam terlihat begitu antusias. [mu]

Tag : nu gayam, ansor gayam, pemuda nu, nu bojonegoro, banom nu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat